HOLOPIS.COM, SUMUT – Bencana banjir setinggi 30 sentimeter melanda pemukiman warga yang ada di wilayah Desa Juhar, Kecamatan Bandar Khalifah, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, bencana banjir yang terjadi sejak Jumat (25/8) itu membuat puluhan kepala keluarga terdampak.

“Sebanyak 23 KK atau 94 jiwa terdampak banjir yang berlangsung setelah hujan lebat mengguyur wilayah desa,” kata Abdul dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (26/8).

Abdul menjelaskan, penyebab makin parahnya bencana banjir setelah intesitas hujan deras mengakibatkan debit air Sungai Padang meluap hingga ke pemukiman.

“Namun dilaporkan tidak ada warga yang mengungsi,” imbuhnya.

Abdul juga menjelaskan, BPBD setempat masih bersiaga untuk mengantisipasi dampak buruk banjir. Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan aparat desa dan kecamatan. Pendataan dampak atau pun kerugian masih terus dilakukan BPBD setempat.

Abdul kemudian juga mengimbau pemerintah daerah dan warga untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi banjir susulan.

“Lakukan evakuasi mandiri atau menghubungi petugas BPBD apabila membutuhkan bantuan evakuasi ke tempat aman,” pungkasnya.