Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Ketahui Gejala Hipertensi yang Perlu Diwaspadai dan Cara Mengatasinya !

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hipertensi atau darah tinggi merupakan salah satu masalah serius yang banyak ditemui di tengah masyarakat, kondisi yang satu ini tak hanya banyak ditemukan di Indonesia tetapi hampir di seluruh dunia.

Perlu diketahui, hipertensi adalah kondisi peningkatan tekanan darah di dalam arteri. Hal ini merupakan peningkatan abnormal, yang menyebabkan peningkatan berbagai Penyakit Tak Menular (PTM) seperti stroke, gagal jantung, serangan jantung, hingga kerusakan ginjal.

Walaupun penderitanya tidak merasakan gejala, tetapi ada beberapa gejala umum yang akan dirasakan oleh penderita hipertensi bila tidak segera mendapatkan penanganan. Oleh karena itu, penting bagi anda mengetahui apa saja gejala yang dapat ditimbulkan hipertensi.

Simak penjelasan berikut ini, guna mengetahui apa saja gejala hipertensi serta bagaimana cara mencegahnya. Seperti yang dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Kementerian Kesehatan RI, Selasa (22/8).

Gejala Darah Tinggi (Hipertensi)

Beberapa gejala darah tinggi ini dapat dirasakan apabila tidak segera diobati, diantaranya yaitu:

1. Sesak nafas
2. Sakit kepala
3. Pandangan menjadi kabur
4. Mual dan muntah
5. Gelisah
6. Kelelahan

Cara Mencegah Darah Tinggi

Darah tinggi atau hipertensi dapat dialami oleh siapapun, terutama bagi seseorang yang mengalami obesitas. Oleh karena itu, bagi penderita darah tinggi yang memiliki berat badan berlebih dianjurkan agar sebaiknya menurunkan berat badan, hingga berada dalam berat badan ideal.

Tak hanya itu, anda juga harus menerapkan perilaku hidup sehat seperti tidur yang cukup, perbanyak konsumsi buah dan sayur, dengan menerapkan hal-hal tersebut dapat membantu mengendalikan tekanan darah yang dimiliki.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru