Categories: Kesehatan

5 Jenis Makanan ini Bisa Turunkan Asam Lambung, Catat !

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Asam lambung merupakan salah satu penyakit yang banyak ditemui pada masyarakat Indonesia. Penyakit yang satu ini tak hanya menyerang remaja, namun juga pada seseorang yang telah mencapai usia dewasa, bahkan lansia.

Adapun gejala asam lambung yang muncul pada tubuh seseorang diantaranya yaitu, timbul rasa nyeri ulu hati (heartburn), sensasi panas atau perih di dada hingga kerongkongan, serta rasa pahit dan asam yang muncul di pangkal tenggorokan.

Tak hanya itu, beberapa kasus asam lambung yang masuk ke tahap parah bahkan membuat penderitanya mengalami kesulitan dalam menelan makanan. Melihat apa yang dijelaskan sebelumnya, maka penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan atau mengetahui cara meringankan gejala asam lambung tersebut.

Salah satu cara meringankan asam lambung, yaitu dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan. Simak penjelasan berikut ini guna mengetahui daftar makanan tersebut, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Kementerian Kesehatan RI, Rabu (23/8).

Daftar Makanan Penurun Asam Lambung

1. Sayuran: Anda dapat mengkonsumsi jenis sayuran seperti brokoli, asparagus, kembang kol, kentang, mentimun, dan sayuran berdaun hijau lainnya.

2. Jahe: Memiliki sifat anti-inflamasi yang diyakini dapat menjadi pengobatan alami penyakit asam lambung, sakit maag, ataupun masalah pencernaan lainnya.

3. Pisang: Konsumsi beberapa buah non-sitrus seperti pisang merupakan makanan yang baik bagi penderita asam lambung, karena dapat menjadi buah penurun asam lambung.

4. Putih Telur: Tak hanya sehat, putih pada telur adalah pilihan makanan yang baik untuk penderita asam lambung. Namun perlu diingat, tidak untuk kuning telur karena mengandung lemak cukup tinggi serta dapat memicu gejala refluks asam lambung.

5. Yoghurt: Meski terkadang dijauhi penderita asam lambung lantaran dikhawatirkan akan lebih memperparah keadaan, nyatanya yoghurt justru memiliki efek baik bagi penderita asam lambung karena sudah difermentasi.

VLY

Share
Published by
VLY
Tags: Tips

Recent Posts

PDIP Enggak Gentar Hadapi Bobby Nasution di Pilkada Sumut

PDIP tidak ambil pusing ketika Bobby Nasution sudah mendapatkan dukungan dari enam partai politik untuk…

57 menit ago

Putusan Hakim Dalam Sidang Praperadilan Pegi Setiawan

Hakim tunggal PN Bandung, Eman Sulaeman mengabulkan gugatan praperadilan Pegi Setiawan atas status tersangka yang…

1 jam ago

RESEP : Bihun Goreng Sederhana dan Nikmat, Cocok untuk Makan Siang

Siapa bilang makan siang simple harus makanan yang mahal dan ribet untuk memasaknya? Bihun goreng…

1 jam ago

Mahfud Md Sebut Orang yang Tak Terima Hasil Pemilu Tidak Beradab

Mantan Menko Polhukam Mahfud MD menyinggung adanya pihak yang masih tidak terima dengan hasil Pilpres…

2 jam ago

Nama Nagita Slavina Asing di Partai Golkar

Partai Golkar menanggapi usulan dari PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) untuk mengajukan nama Nagita Slavina mendampingi…

2 jam ago

Grand Syekh Al Azhar Bakal Isi Kuliah Umum di UIN Jakarta Besok

Grand Syekh Universitas Al-Azhar as-Syarif, Kairo, Mesir, Prof. Dr. Ahmad Muhammad Ahmed Al Tayeb diagendakan…

3 jam ago