Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

4 Manfaat Konsumsi Sayur Taoge, Salah Satunya Kesuburan Pria

HOLOPIS.COM, JAKARTA Siapa sih yang tidak tahu Taoge? Sayur ini sering dijumpai dalam hidangan kuliner Asia, memiliki karakteristik tekstur yang renyah, citarasa lezat, dan mudah dicerna oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Taoge rata-rata terdapat dalam makanan Indonesia, Taoge biasa kita jumpai di ketoprak, soto kudus, tumis tauge, pecel, karedok, dan masih banyak lainnya.

Tidak hanya memiliki rasa yang enak, ternyata taoge juga memiliki segudang manfaat kesehatan. Hal ini karena taoge memiliki kandungan serat, antioksidan, vitamin E, vitamin K, asam folat, vitamin B, serta berbagai mineral penting lainnya dalam taoge.

Dikutip Holopis.com dari Nourishbyweb, Senin (21/8), berikut beberapa manfaat mengkonsumsi taoge untuk kesehatan : 

  • Menurunkan Kadar Gula Darah

Mengkonsumsi taoge dapat membantu pengidap diabetes dalam mengatur kadar gula darah lebih efektif. Studi telah menunjukkan bahwa makan kecambah dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah. Taoge memiliki kadar karbohidrat yang lebih rendah, yang dapat membantu mengendalikan respons insulin dalam tubuh. 

  • Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Mayoritas serat yang ditemukan dalam taoge adalah serat “tidak larut”, yang berarti serat ini tidak larut dalam perut. Sebaliknya, serat tersebut berfungsi sebagai prebiotik yang memberi nutrisi kepada bakteri “baik” di usus sehingga membantu mengurangi masalah seperti kembung dan produksi gas berlebih.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Taoge adalah sumber vitamin dan mineral, termasuk vitamin C yang berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat ini berasal dari kemampuan vitamin C untuk memperkuat fungsi sel darah putih. Ini berdampak pada produksi antibodi oleh sel darah putih, yang secara keseluruhan memperkuat kemampuan tubuh dalam melawan infeksi.

  • Meningkatkan Kesuburan pada Pria

Taoge dapat berperan dalam meningkatkan kesuburan pria. Kandungan vitamin E dalam taoge dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas dan gerak sperma. Vitamin E yang terdapat dalam taoge memiliki sifat antioksidan yang membantu melindungi sperma dari dampak buruk radikal bebas.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.

Jangan Sembarangan! Ini Waktu Ideal Ngopi

Kafein yang merupakan senyawa utama dalam kopi, teh, dan minuman energi, adalah salah satu stimulan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kafein dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan energi.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru