Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

H&M Hentikan Pasokan dari Myanmar Usai Terima Laporan Pelanggaran Hak Tenaga Kerja

HOLOPIS.COM, JAKARTA H&M yang merupakan salah satu pemasar pakaian terbesar di dunia, telah memutuskan untuk secara bertahap menghentikan operasinya di Myanmar sebagai respons terhadap meningkatnya laporan mengenai pelanggaran hak tenaga kerja di pabrik-pabrik negara tersebut. 

Dikutip Holopis.com dari CNA, Senin (21/8), dilaporkan bahwa adanya dugaan kasus pelecehan tenaga kerja di pabrik garmen di Myanmar. H&M mengumumkan bahwa mereka sedang melakukan investigasi terhadap 20 dugaan kasus pelecehan tersebut pada Rabu (16/8).

Selama beberapa tahun, H&M telah mengawasi kasus dugaan pelanggaran hak asasi manusia dan hak tenaga kerja yang dialami oleh pekerja di industri garmen di negara tersebut. Diumumkan bahwa H&M juga telah mendokumentasikan 212 kasus dugaan pelanggaran lainnya yang telah memengaruhi setidaknya 108.000 pekerja sejak Februari 2021 hingga Februari 2023.

H&M juga menyampaikan keputusan untuk menghentikan operasinya di Myanmar sehubung dengan kasus ini. 

“Setelah mempertimbangkan dengan hati-hati, kami sekarang telah mengambil keputusan untuk secara bertahap menghentikan operasi kami di Myanmar,” tulis H&M.

“Kami telah memantau perkembangan terbaru di Myanmar dengan sangat cermat dan kami melihat tantangan yang meningkat untuk melakukan operasi kami sesuai dengan standar dan persyaratan kami,” lanjutnya.

Diketahui, H&M bukan lah brand pertama yang memutus pasokan di Myanmar. Pada Januari tahun lalu, TotalEnergies dan Chevron juga mengambil langkah mundur dari keterlibatan mereka di Myanmar.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Puluhan Orang Tewas Akibat Pager-Walkie Talkie Meledak di Lebanon

Sebanyak 20 orang meninggal dunia dan 450 lainnya luka-luka karena ledakan perangkat komunikasi atau pager-walkie talkie di Lebanon.

Yoshihiro Hidaka Ditikam Anaknya Sendiri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur utama Yamaha Motor Company, Yoshihiro...

Perundingan Peningkatan ATIGA Capai Kemajuan Signifikan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Perundingan  peningkatan Persetujuan Perdagangan Barang ASEAN...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru