Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Pegawai Pemprov DKI Dilarang Bawa Kendaraan Setiap Hari Rabu

HOLOPIS.COM, JAKARTA  – Guna mengurangi polusi udara di Jakarta, para pegawai di Pemprov DKI Jakarta akan dilarang bawa kendaraan dengan bahan bakar fosil setiap hari Rabu.

Kebijakan tersebut menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto sebagai upaya untuk memperbaiki kualitas udara di Jakarta. Selain itu, juga sesuai dengan arahan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

“Kami telah menetapkan setiap Rabu dalam sepekan, seluruh aparatur sipil negara (ASN) maupun PJLP (Penyedia Jasa Layanan Perorangan) yang bertugas di kantor dinas maupun lima suku dinas tidak membawa kendaraan bermotor, kecuali (kendaraan) berbasis listrik,” kata Asep yang dikutip Holopis.com dari situs resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Minggu (20/8).

Nantinya, kendaraan bermotor milik pegawai atau warga yang masuk ke gedung Pemprov DKI Jakarta. Seperti kantor wali kota dan kantor dinas, wajib lulus uji emisi yang akan dicek melalui pelat nomor kendaraan.

“Petugas keamanan kantor akan mengecek nopol kendaraan bermotor yang masuk melalui aplikasi uji emisi. Jika tidak tertera, maka kendaraan bermotor tidak boleh masuk,” jelasnya.

Asep menambahkan, pihaknya juga memfasilitasi warga yang ingin melakukan uji emisi kendaraan bermotor gratis. Uji emisi gratis ini digelar di kantor Dinas dan Suku Dinas Lingkungan Hidup setiap hari.

“Kami juga bekerja sama dengan organisasi perangkat daerah untuk memfasilitasi pegawai yang ingin meminta pelayanan uji emisi,” ungkapnya.

Selain itu, kebijakan lainnya untuk mengurai polusi udara adalah menerapkan work from home (WFH) 50 persen. Kebijakan itu dimulai pada akhir Agustus hingga tiga bulan ke depan.

“Saat pelaksanaan KTT Asean di Jakarta akan diterapkan WFH 75 persen,” pungkas Asep.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru