BerandaNewsRagamTekan Polusi Udara, Pemerintah Bakal Modifikasi Cuaca Mulai Pekan Depan

Tekan Polusi Udara, Pemerintah Bakal Modifikasi Cuaca Mulai Pekan Depan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Polusi udara menjadi permasalahan serius yang harus menjadi perhatian pemerintah. Pasalnya, DKI Jakarta yang merupakan Ibu Kota Indonesia menjadi kota dengan polusi udara terburuk di dunia menurut Air Quality Index (AQI) per Sabtu 12 Agustus 2023.

Menanggapi hal itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar mengatakan, bahwa pemerintah akan melakukan berbagai upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satunya yakni dengan memodifikasi cuaca mulai pekan depan.

“Tadi saya diskusikan (terkait modifikasi cuaca), kita di KLHK sudah rapat-rapat, dengan BMKG juga sudah didiskusikan bahwa nanti dilihat. Kemungkinan tanggal 22, 21,22,28, kemudian nanti di bulan September tanggal 2, tgl 5 dan seterusnya,” ujar Siti dalam keterangannya, Jumat (18/8) yang dikutip Holopis.com.

Tak hanya itu, Siti menambahkan, pihaknya juga menggandeng instansi terkait guna melakukan pengawasan ke perusahaan-perusahaan yang disinyalir menyumbang polusi di Jabodetabek.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Jadi kita akan melakukan pengawasan, mulai dari dievaluasi, lalu diklarifikasi, sampai di inspeksi lapangan itu terhadap pembangkit-pembangkit PLT, termasuk juga diesel untuk industri maupun untuk mal,” imbuhnya.

Senada dengan Siti, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan juga menyebut pemerintah akan melakukan modifikasi cuaca untuk membasahi dan mengurangi polutan di udara.

Dia menegaskan, bahwa pemerintah akan mengatasi permasalahan polusi udara tersebut mulai dari sektor hulu hingga hilir untuk mencapai solusi yang holistik.

Adapun upaya yang akan dilakukan pemerintah, kata Luhut, mulai dari pengendalian emisi, dengan mewajibkan industri menggunakan “scrubber” dan mengurangi jumlah PLTU Batubara.

Kemudian perluasan dan pengetatan uji emisi kendaraan, regulasi pembagian jam kerja untuk mengurangi tingkat kemacetan, yang selama ini disebut sebagai penyebab peningkatan polutan di jalan.

Tak hanya itu, pemerintah juga akan terus mendorong penggunaan transportasi publik dengan meningkatkan kapasitas transportasi publik pada jam sibuk dan mengkaji pemberian insentif agar mereka, pengguna kendaraan pribadi termotivasi untuk beralih ke transportasi publik.

“Yang tidak kalah penting adalah dorongan untuk percepatan elektrifikasi kendaraan,” kata Luhut.

Kendati demikian, dia menegaskan akan melakukan pengawasan dalam penerapan berbagai upaya pengendalian polusi udara yang telah dirumuskan tersebut.

“Di sinilah partisipasi aktif masyarakat dibutuhkan. Saya berharap kerjasama semua pihak mampu menciptakan dampak nyata dalam penanganan kualitas udara, Bukan hanya untuk hari ini atau esok, tapi untuk anak cucu kita di masa depan,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Perjalanan Akademis Firmanto Laksana: Dari Ketua Bidang PERADI hingga Guru Besar Kehormatan Unissula

Ketua Bidang Pendidikan Profesi Advokat, Sertifikasi, dan Kerja Sama DPN Peradi, Firmanto Laksana, dikukuhkan sebagai guru besar kehormatan Unissula, Semarang.

Penampilan di Minggu Terakhir PRJ 2024, Ada Rizky Febian Hingga Kotak!

Keseruan Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) akan masih terus berlanjut hingga tanggal 14 Juli nanti.

Guru Besar Unissula, Firmanto Laksana Dorong Pengembangan Industri Golf Tanah Air

Menantu pengacara kondang Otto Hasibuan ini telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendukung perkembangan industri golf di Indonesia.

Tahun Baru Islam Harus Jadi Ajang Kontemplasi Nasionalisme

Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia, Prof Mahfud MD, mengatakan bahwa tahun baru Islam harus menjadi ajang untuk perenungan bagi seluruh bangsa Indonesia untuk merawat nasionalisme dan rasa persaudaraan antar sesama anak bangsa.

Lokasi SIM Keliling Hari Senin 8 Juli di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Senin 8 Juli 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Banjir Landa Lima Kecamatan di Bone Bolango

Bencana banjir melanda beberapa wilayah pada lima kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS