HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez dan pemain andalannya, yakni Raphinha resmi disanksi akibat hukuman kartu merah saat laga kontra Getafe. Keduanya pun dipastikan absen bela Blaugrana untuk dua laga selanjutnya.

Sebelumnya diketahui bahwa, Barcelona kontra Getafe berlangsung pada laga perdana Liga Spanyol, Senin (14/8).

Pertandingan kedua tim itu pun berakhir imbang dengan skor kacamata, namun dibanjiri banyak hukuman kartu dari sang wasit.

Secara total, ada tiga kartu merah dan delapan kartu kuning yang diberikan sang wasit.

Dari tiga kartu merah tersebut, satu di antaranya diberikan kepada pemain Getafe, Jaime Mata. Sedangkan dua lainnya diberikan kepada Raphinha, serta kepada sang pelatih Xavi Hernandez karena protes berlebihan di pinggir lapangan.

Atas hal itu, Xavi dan Raphinha pun mendapatkan sanksi yang tentu merugikan bagi Barcelona sendiri.

Dikutip Holopis.com dari AS, Kamis (17/8), Xavi Hernandez dikenai pasal 127 akibat protes wasit, sedangkan Raphinha dikenai pasal 130 Kode Disiplin RFEF karena melakukan pelanggaran keras dengan menyikut pemain dari Getafe.

“Memprotes kepada wasit utama, asisten atau wasit keempat, asalkan tidak merupakan pelanggaran yang lebih berat, akan dikenakan sanksi skorsing dua sampai tiga pertandingan atau untuk jangka panjang waktu sampai satu bulan,” tulis pasal yang dikenakan kepada Xavi.

Perlu diketahui juga bahwa sebelumnya Xavi pun melontarkan kritik keras kepada Liga Spanyol usai laga selesai.

“Jika pertandingan ini adalah produk Liga Spanyol, maka benar-benar memalukan. Saya mengerti mengapa orang-orang tidak menyaksikan Liga Spanyol,” ucap Xavi.

Dengan demikian, Barcelona akan bermain tanpa kehadiran keduanya aat laga melawan Cadiz dan Villarreal.