Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Tak Perlu Operasi, Cara Alami Ini Bisa Atasi Mata Ikan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Munculnya mata ikan, menjadi salah satu gangguan pada kulit yang membuat penderitanya tidak merasa nyaman. Hal ini karena, benjolan yang muncul sebagai gejala utama penyakit ini dapat menimbulkan rasa sakit saat kaki digunakan untuk berjalan. Mata ikan yang muncul di telapak kaki, merupakan reaksi alami kulit saat merasa terancam.

Benjolan ini muncul sebagai upaya tubuh melindungi dari gesekan dan tekanan, yang terjadi secara berulang. Hal ini kemudian akan membuat permukaan kulit menjadi tebal, dan keras. Kondisi ini juga dibagi dalam beberapa jenis yaitu, mata ikan lunak, mata ikan keras dan mata ikan kecil. Bila tidak ingin terganggu oleh mata ikan, penting untuk anda ketahui apa saja cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi mata ikan.

Simak penjelasan berikut ini, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Halodoc, Rabu (16/8).

Rendam Air Hangat

Cara mengatasi mata ikan yang paling mudah dilakukan adalah, merendam kaki di dalam air hangat. Anda juga dapat mencampurkan air hangat dengan sabun yang bersifat lembut dan aman, cara ini bertujuan untuk melunakkan kulit yang terangsang mata ikan.

Menggunakan Batu Apung

Untuk menghilangkan mata ikan, anda juga dapat menggunakan batu apung. Cara ini bisa dengan mudah anda lakukan, bahkan sambil mandi. Setelah merendam kaki dengan air hangat, perlahan saja gosok kulit yang terdapat mata ikannya. Tujuannya agar mengikis bagian kulit tersebut, namun pastikan agar tidak terlalu kasar saat melakukannya. Setelah itu, anda juga harus selalu biasakan diri menggunakan pelembab pada area kulit yang harus digosok.

Gunakan Pelembab Kaki

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembab kaki agar kondisi kaki tetap lembut dan tidak menjadi kasar.

Bersihkan Kuku Kaki Secara Rutin

Perlu diingat, jangan lupa untuk secara rutin membersihkan dan memotong kuku kaki. Hal ini karena, kuku yang panjang dapat menekan bagian dari sepatu sehingga dapat sebabkan gesekan dan peningkatan tekanan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru