Categories: Polhukam

Kemenkumham Berikan Remisi untuk Napi Korupsi dan Teroris

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menjelaskan bahwa dari ribuan narapidana yang mendapatkan remisi ternyata ada narapidana teroris dan kasus narkoba.

Koordinator Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Rika Aprianti mengatakan, jumlah remisi itu diberikan pada hari kemerdekaan Indonesia.

“Untuk narapidana korupsi yang mendapatkan remisi 16 orang, sementara narapidana terorisme 26 orang,” kata Rika Aprianti dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (17/8).

Mengenai identitas napi koruptor yang mendapatkan remisi tersebut, Rika enggan menjelaskannya lebih lanjut dengan alasan privasi para napi.

“Kita kasih jumlah saja ya. Kalau nama itu ada hak-hak privasi. Yang pasti, semua yang mendapatkan remisi ini memenuhi persyaratan sesuai dengan aturan yang berlaku,” klaimnya.

Berdasarkan UU No 22 Tahun 2022 tentang pemasyarakatan, Rika pun mengungkapkan ada 760 napi yang juga mendapatkan remisi Hari Kemerdekaan.

“Napi narkotika yang dapat remisi itu ada 760 orang, karena memang kan jumlah kasus tertinggi di Indonesia itu adalah narkotika,” klaimnya.

Rika mengatakan pemberian remisi telah melalui serangkaian prosedur. Pemberian itu dikhususkan bagi narapidana yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif UU No 22 tahun 2022 tentang Pemasyarakatan.

“Telah memenuhi persyaratan administratif substantif sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku, UU 22 tahun 2022 tentang Pemasyarakatan, artinya jumlah itu memang yang sudah memenuhi persyaratan,” tutupnya.

Ronald Steven

Share
Published by
Ronald Steven
Tags: Kemenkum HAM

Recent Posts

Kunci Gitar Lampu Kuning – Juicy Luicy Chord

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Grup musik pop Indonesia, Juicy Luicy, kembali memanjakan para penggemarnya dengan merilis…

28 menit ago

Park Seo Joon Akan Bintangi Drakor Romantis Baru, Apa Ya Judulnya?

Aktor Korea Selatan Park Seo Joon akan membintangi drama romantic terbaru yang berjudul Waiting for…

58 menit ago

Kunci Gitar Kata Mereka Ini Berlebihan – Bernadya Chord

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Penyanyi muda berbakat, Bernadya, kembali menggebrak industri musik Indonesia dengan merilis single…

1 jam ago

Pegi Setiawan Bebas, Mabes Polri Bakal Evaluasi Penyidik

Mabes Polri menegaskan akan melakukan evaluasi menyeluruh pasca putusan praperadilan yang membebaskan Pegi Setiawan.

2 jam ago

Jokowi Kirim Bantuan Kemanusiaan Untuk Papua Nugini dan Afghanistan

Presiden Jokowi (Joko Widodo) secara resmi melepas bantuan kemanusiaan senilai 18 miliar rupiah kepada Pemerintah…

3 jam ago

OIKN Konsultasi Publik Draf Peta Jalan Pendidikan di Ibukota Nusantara

Pastikan pembangunan sarana pendidikan berkualitas di wilayah Nusantara, Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) menggelar kegiatan…

3 jam ago