HOLOPIS.COM, JAKARTA – Nominator Kaset Awards 2023 periode I (April 2022 – Maret 2023) telah dipilih secara kolektif oleh pewarta musik Jaringan Jurnalis Musik (JJM), setelah melakukan kurasi/penjurian selama satu tahun.

Para nominator ini dipilih dari seluruh rilisan musik dan penyelenggaraan event sepanjang periode penjurian. Masing – masing nominasi, terpilih 5 nama yang telah disaring dari ribuan karya yang telah dirilis, serta puluhan event musik yang telah diselenggarakan selama 1 tahun.

Dalam keterangan yang diterima Holopis.com, Rabu (16/8), ada sejumlah elemen yang dijadikan kriteria, mulai dari materi, kualitas musik, produksi, strategi promosi, termasuk aktivitas baik secara live maupun di media sosial.

Untuk kategori Artwork dan Music Video, ditambahkan juga ide, dan kreativitas berupa visual atau gambar yang mendukung perilisan musik tersebut.

Sedangkan untuk Music Festival dan Konser terbaik, dinilai dari lokasi venue, akses dan ticketing pengunjung, keamanan, kemasan atau konsep musicfest, akses/kedekatan atau spot liputan awak media, layout venue, kualitas sound system dan juga line up artis/band yang tampil.

Sedangkan untuk kategori rilisan terburuk, tahun ini ternyata belum ada rilisan yang dianggap buruk.

Kurasi/penjurian berjalan cukup ketat, karena setiap pewarta yang tergabung dalam JJM memiliki kesempatan memajukan jagoannya dengan alasan dan pendapat masing-masing. Dari nama yang diajukan, akhirnya diputuskan melalui vote untuk memilih 5 nama teratas untuk setiap nominasi.

Proses penjurian dan kurasi final kemudian dilaksanakan secara hybrid (luring dan daring) lantaran pewarta musik yang tergabung dalam JJM tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia.

Metode penjurian final meliputi pemilihan serentak secara luring di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, melalui zoom meeting, pemilihan melalui email, dan grup pesan singkat WhatsApp.

Berikut ini daftar nominasi Kaset Awards 2023 :