HOLOPIS.COM, JAKARTA – Masa pensiun dua pesawat Airbus A-340, milik Jerman akan dipercepat. Hal ini karena, salah satu jet jarak jauhnya mogok sebanyak dua kali dalam perjalanan ke Australia, sehingga memaksa Menteri Luar Negeri Annalena Baerbock harus membatalkan perjalanannya selama seminggu ke kawasan pasifik.

Menurut berbagai sumber informasi yang berhasil dirangkum Holopis.com, Rabu (16/8). Juru bicara Angkatan Udara Jerman yang mengawasi armada memberikan pernyataan bahwa, penghentian kedua pesawat itu akan dilakukan sesegera mungkin.

“Kami akan menghentikan layanan dua A340 sesegera mungkin, yaitu dalam beberapa minggu mendatang,” ujar jubir AU Jerman yang mengawasi.

Perlu diketahui, pemerintahan Jerman mengambil alih dua pesawat tersebut dari Deutsche Lufthansa AG lebih dari satu dekade lalu, dan menggunakannya kembali untuk perjalanan negara.

Pesawat yang digunakan Baerbock akan berhenti beroperasi pada akhir 2024, sedangkan yang lainnya pada bulan depan.

Kini Jerman juga telah meningkatkan armadanya dengan model Airbus A350 baru, bahkan beberapa diantaranya sudah beroperasi.

Perlu diketahui juga, pesawat Bareback yang telah berusia lebih dari dua dekade itu memang memiliki riwayat masalah mekanis pada bagian sayap.