HOLOPIS.COM, JAKARTA – Survei SRS (Surabaya Research Syndicate) terkait dengan elektabilitas Capres di Wilayah Jawa Timur, hasilnya sebanyak 43,7 persen memilih Prabowo Subianto.

Kemudian yang memilih Ganjar Pranowo sebanyak 39,5 persen dan terakhir 12,2 persen memilih Anies Baswedan. Sisanya, 4,6 persen tidak memilih.

“Dominasi Prabowo tetap signifikan ketika SRS membuat simulasi Pilpres hanya diikuti tiga capres saja,” ujar Direktur Riset SRS, Edwin Abdul dalam konferensi pers virtual yang dikutip Holopis.com, Selasa (15/8).

“Pada saat kepada responden diajukan pertanyaan, siapakah yang akan dipilih jika saat ini dilaksanakan Pilpres dan hanya diikuti oleh Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan,” sambungnya.

Sementara itu dalam simulasi head to head dengan dua capres, Prabowo juga masih tetap unggul dengan angka 50,2 persen. Kemudian Ganjar mendapatkan angka 46,5 pesen, dan sisanya 4,2 persen tidak memilih.

“Dominasi Prabowo Subianto atas Ganjar Pranowo semakin signifikan ketika SRS membuat simulasi Pilpres hanya diikuti dua capres saja atau head to head,” kata Edwin.

Edwin mengatakan pendukung Anies cenderung migrasi ke Prabowo dan sebagian masih tidak memilih. “Dalam simulasi head to head ini, pendukung Anies Baswedan di Jawa Timur cenderung bermigrasi ke Prabowo dan sebagian lagi masih undecided,” ucapnya.

Survei tersebut dilakukan dalam periode 2-11 Agustus 2023 dengan total 1.000 responden. Sampel diambil secara acak sistematis atau multistage random sampling.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara via telepon. Margin off error survei ini +/- 3,1 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.