Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

5 Tips Cara Atasi Trauma Masa Lalu

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Trauma di masa lalu merupakan pengalaman emosional, yang ditandai dengan ketidakmampuan seseorang untuk melupakan atau melepaskan diri dari memori negatif pada masa lalu. Umumnya, trauma masa lalu ini disebabkan oleh berbagai kejadian yang tak menyenangkan.

Kejadian tersebut misalnya, masa kecil tidak bahagia, kecelakaan, perundungan, hingga kematian anggota keluarga. Tak banyak yang menyadari, trauma masa lalu dapat memiliki efek jangka panjang pada kesehatan mental, fisik, dan emosional. Apalagi bila ditambah dengan hal-hal tertentu yang membuat seseorang teringat akan trauma masa lalunya.

Alhasil orang tersebut akan mengalami syok, sedih, panik, sebagai respons dari pikirannya. Kondisi seperti ini tidak dapat disepelekan, dan perlu penanganan secara perlahan. Berikut ini tips mengatasi trauma masa lalu, yang sepertinya perlu anda lakukan. Seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Halodoc, Selasa (15/8).

Cerita pada Orang Terdekat

Untuk mengatasi rasa trauma di masa lalu, tips pertama yang perlu anda lakukan yaitu menceritakan trauma yang dialami kepada orang terdekat ketika sudah siap. Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah, mengidentifikasi teman atau anggota keluarga yang dapat dipercaya guna mencari dukungan. Ketika telah siap untuk bercerita, beritahu pengalaman dan perasaan anda terkait trauma masa lalu yang dimiliki. Tak hanya menceritakan, anda juga dapat mencari dukungan kepada orang terdekat guna membantu menyelesaikan tugas atau kewajiban anda. Hal ini dimaksudkan agar mengurangi rasa stres yang timbul.

Bersabar

Selanjutnya, cara mengatasi trauma masa lalu yang perlu anda terapkan adalah dengan bersabar. Penting untuk diingat bahwa, memiliki reaksi atau respon yang terlalu keras atas peristiwa traumatis sangatlah normal. Namun, anda juga perlu menghadapinya agar trauma tersebut tidak membuat anda terpuruk. Lakukan hal ini secara perlahan, yang artinya anda perlu banyak bersabar dan berdamai dengan diri sendiri karena seiring berjalannya waktu, keadaan anda akan membaik.

Hadapi Perasaan Anda

Anda mungkin sering menghindari pemicu ataupun ingatan mengenai peristiwa traumatis di masa lalu, dengan cara tidur sepanjang waktu, dan mengisolasi diri, hal-hal tersebut wajar. Meski begitu, hal ini tidak boleh dilakukan secara terus-menerus karena bila semakin lama menghindar, hal ini justru dapat memperpanjang stres serta membuat tak kunjung pulih. Oleh karena itu, secara bertahap cobalah untuk menghadapi perasaan yang dimiliki. Selain itu, usahakan untuk kembali ke rutinitas normal secara bertahap, dan meminta dukungan kepada orang terdekat maupun psikolog.

Rutin Berolahraga

Jarang diketahui, berolahraga dapat dilakukan guna mengatasi trauma masa lalu. Sebab, olahraga dapat dijadikan sebagai distraksi atas trauma masa lalu yang anda miliki. Selain itu para ahli juga mengatakan bahwa, olahraga merupakan salah satu cara efektif mengatasi efek samping dari peristiwa traumatis, serta mengurangi stres. Beberapa jenis olahraga yang direkomendasikan guna mengatasi trauma masa lalu yaitu, melakukan peregangan lembut, berjalan santai, hingga berlari atau jogging. Meski begitu, bila merasa lelah pastikan untuk selalu beristirahat dan tidak memaksakan diri.

Menerapkan Perawatan Diri

Dengan perawatan diri, hal ini dapat mengurangi stres sehingga perlu dilakukan untuk membantu pemulihan trauma masa lalu. Perawatan diri ini dapat anda terapkan melalui hal- hal yang terasa baik dan mencintai diri sendiri. Misalnya, melakukan “me time”, mandi lebih lama, ataupun melakukan kegiatan positif yang disukai seperti, membaca buku atau menonton film.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

4 Cara Atasi Perasaan Cepat Tersinggung

Perasaan cepat tersinggung bisa mengganggu hubungan interpersonal dan mempengaruhi kesejahteraan mental.

Tiba-tiba Galau Saat Tengah Malam? Coba Deh Lakukan Ini

Pernah nggak tiba-tiba tengah malam, Sobat Holopis terjaga dari tidur dan merasa galau tanpa alasan yang jelas? Gak jarang, rasa galau ini datang begitu saja dan bikin tidur kita jadi terganggu.

Cara Atasi Amarah Agar Lebih Tenang

Mengelola amarah dengan efektif adalah kunci untuk menjaga kesehatan mental dan hubungan yang harmonis. Dibutuhkan pemahaman terhadap diri sendiri, ketenangan, dan aktivitas fisik agar mental semakin segar dan tidak terbelenggu dengan pikiran-pikiran negatif.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru