HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pabrikan asal China mulai menyerbu pasar Indonesia, salah satunya GWM (Great Wall Motor) yang hadir di pameran GIIAS 2023 dengan membawa tiga merek sekaligus yakni Haval, Tank, dan Ora.

Kehadiran GWM di Indonesia berada dibawah Inchape dan Indomobil, dengan membawa filosofi yang kuat dan fokus ke kendaraan new energy.

“Hari ini menandai tonggak penting bagi Great Wall Motor, Inchape, dan industri otomotif Indonesia. Haval, Tank, dan Ora, membuktikan komitmen kami untuk menghadirkan kendaraan new energy terbaik di kelasnya,” kata General Manager PT. Inchape Indomobil Energi Baru, Constantinus Herlijoso dalam ketrangannya, Jumat (11/8) seperti dikutip Holopis.com.

“Great Wall Motor telah dikenal di seluruh dunia sebagai kendaraan dengan teknologi mutakhir, andal, inovatif, dan ramah lingkungan. Di Indonesia kami juga akan melandaskan tujuan yang sama dalam menghadirkan produk-produk Great Wall Motor,” sambungnya.

Beberapa jenis kendaraan GWM yang dipamerkan, yakni Haval yang fokus di kelas SUV dengan H6 dan Jolion yang jadi model andalannya. Kemudian, ada Tank dengan SUV besar yang jadi jagoannya dan Ora ada mobil listrik mungil yang jadi ikonnya.

Sayangnya, mobil – mobil tersebut belum bisa dibeli langsung. Karena, baru akan dirakit di dalam negeri dan menjualnya per akhir Maret 2024. GWM pun tengah mengembangkan jaringan dealer mereka, di kota-kota besar sebagai domisili dealer GWM.

“Konsep kami, kami ingin mengembangkan pasar di Indonesia dan lebih serius dengan pasar Indonesia dan kami punya fasilitasnya sebenarnya,” ujar Herlijoso.

“Saat ini kita sedang berbicara dengan beberapa kandidat dealer. Ya kita harapkan di tahun depan dealer-dealer tersebut sudah siap,” tambahnya.

Biarpun baru akan dijual tahun depan, GWM membuka pemesanan hanya dengan memberikan data atau bahkan uang tanda pesan.

Herlijoso mengatakan bahwa GWM merupakan produk yang laris-manis di China dan tulang punggung mereka ada di merek Haval. Terbukti, klaimnya, lini mobil mereka merajai penjualan selama puluhan tahun.

“Kalau di China sendiri mereka punya produk line-up-nya namanya Poer. Poer itu adalah double cabin, which is (menjadi) market share pick up di sana 50 persen. Haval sendiri kalau di China 58 bulan berturut turut, dia selalu penjualan nomor satu nomor, number one SUV di China,” pungkas Herlijoso.