Rabu, 26 Juni 2024
BerandaOtoteknoTeknoAturan Pengguna AI akan Dibuat Kominfo agar Tidak Disalahgunakan

Aturan Pengguna AI akan Dibuat Kominfo agar Tidak Disalahgunakan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – AI (Artificial intelligence) atau kecerdasan buatan, saat ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Untuk mengantisipasi penyalahgunaan AI, Kementerian Kominfo (Komunikasi dan Informatika) akan membuat regulasinya.

Wamenkominfo, Nezar Patria mengatakan pihaknya sedang berupaya untuk mendorong demokratisasi AI supaya dapat menyebar ke pengguna dari kalangan masyarakat lebih luas.

Dengan adanya demokratisasi AI ini, diharapkan bisa memberikan akses kepada pengguna, pemanfaatan, pengembangan dan pengaturan AI yang membuka peluang inovasi dan penyelesaian berbagai isu kontemporer AI secara kolaboratif.

Sehinnga dalam hal ini, tidak hanya infrastruktur saja yang dikedepankan. Tapi, juga diperlukan regulasi dan sumber daya manusia (SDM) yang memadai. Pembuatan regulaasi ini, diperlukan untuk diversity dan menciptakan fair level playing field.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Saya kira itu yang menjadi tupoksi di Kementerian Kominfo nantinya, agar AI bisa bermanfaat dan lebih tepat guna sesuai kebutuhan lintas pemangku kepentingan, bukan hanya pihak tertentu,” ujar Nezar dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Minggu (13/8).

“Ini mungkin akan menjadi masalah di kemudian hari. Saya kira antisipasi-antisipasi dalam bentuk regulasi mungkin sudah bisa melibatkan semua stakeholder untuk bisa berbicara bersama di sini. Kita akan memanfaatkan AI secara mudah dan pendekatan ini berarti AI akan lebih mudah, lebih murah, lebih ramah bagi pengguna,” jelasnya.

Dalam menyusun regulasi ini, Kominfo akan melakukan pendekatan demokritasi. Caranya, yakni dengan penyusunan Peta okupasi Bidang AI, serta pelatihan untuk pengembangan sumber daya manusia.

Selain itu, juga akan disiapkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Bidang AI, Penyusunan Peta okupasi Bidang AI, serta pelatihan untuk pengembangan sumber daya manusia.

“Ada literasi digital yang sudah diselenggarakan di berbagai daerah. Dan melalui program Digital Talent Scholarship melatih 2.220 peserta untuk beragam keterampilan AI,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono
BERITA LAINNYA

Roy Suryo Sebut Ransomware Lockbit 3.0 Biasanya Pakai Ordal dalam Serangannya

Pemerhati Telematika, Multimedia, AI & OCB Independen, Roy Suryo memberikan atensi terhadap serangan ransomware yang melanda Pusat Data Nasional Sementara Kementerian Komunikasi dan Informatika (PDNS Kominfo).

Telkom Sebut Pelaku Peretas PDN Kominfo Minta Tebusan USD8 Juta

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur Network & IT Solution Telkom Group Herlan Wijanarko menyampaikan bahwa pelaku peretas data Pusat Data Nasional Sementara Kementerian Komunikasi dan...

BSSN Sebut Pusat Data Nasional Kominfo Kena Ransomware

Kepala BSSN Hinsa Siburian mengatakan bahwa pihaknya telah bergerak cepat melakukan upaya penanganan pusat data nasional sementara yang dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di Surabaya.

Syam Basrijal Khawatir Kerusakan Pusat Data Nasional Sebab Ransomware

Praktisi dan pengamat keamanan data, Syam Basrijal mengatakan bahwa kerusakan yang dialami oleh Pusat Data Nasional Kementerian Komunikasi dan Informatika (PSN Kominfo) bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Demi Event 10 Draw JJK Gratis Para Player MLBB Rela Ngantre Main Brawl!

Moonton selalu memberikan kejutan bagi penggemar Mobile Lagends: Bang Bang (MLBB). Kini, dunia Mobile Legends sedang di gempar dengan event 10 draw Jujutsu Kaisen (JJK) gratis, yang diberikan oleh MOONTON Games. 

Mobile Legends Hadirkan Hero Baru Zhuxin, Intip Skill-nya

Seiring dengan berakhirnya season 32, Mobile Legends Bang Bang (MLBB) bakal kedatangan hero baru Mage, dengan nama Zhuxin.

HOLOPIS FEEDS