Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Hidung Tersumbat? Atasi Dengan 3 Pijatan Ini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Umumnya hidung tersumbat tidak berbahaya, namun hal ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada penderitanya. Adapun gejala ini dapat terjadi oleh sejumlah faktor seperti flu, alergi, sinusitis, maupun kondisi lainnya. Untuk meredakan hidung tersumbat tidak hanya dengan mengkonsumsi obat, tapi anda juga dapat memberi pijatan pada hidung.

Dengan pijatan di area wajah, hal ini akan membantu relaksasi serta membantu mengurangi gejala hidung tersumbat. Tak hanya itu tekanan yang lembut dan suhu hangat dari jari-jari tangan juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah.

Oleh karena itu, anda perlu menyimak penjelasan berikut ini guna mengetahui cara mengatasi hidung tersumbat dengan pijatan. Seperti yang berhasil dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Klikdokter, Sabtu (12/8).

1. Pijat Sinus Umum

Jenis pijatan ini paling umum dilakukan untuk meredakan hidung tersumbat yang timbulkan rasa tidak nyaman, tak hanya itu teknik pijatan ini juga dapat menghilangkan rasa stres. Adapun langkah-langkah pijatannya mulai dari gerakan pertama, meletakkan empat jari di dahi sebelah kanan dan kiri, kemudian berikan pijatan yang lembut sambil mengambil napas selama beberapa kali guna meredakan rasa sakit pada area tersebut. Gerakan kedua, anda dapat meletakkan empat jari dalam tulang pipi dekat bagian bawah hidung dan pijat ke arah luar selama beberapa kali.

2. Pijat Sinus Maksilaris

Sinus maksilaris adalah, rongga yang berada di antara kedua sisi hidung di belakang pipi. Berbentuk memanjang dari bagian bawah mata hingga ke langit-langit mulut. Saat terjadi peradangan di area tersebut yang sebabkan hidung tersumbat, hal ini akan membuat anda merasa nyeri di area wajah, anda juga akan merasakan postnasal drip atau mengalirnya lendir dari rongga hidung ke arah tenggorokan.

Beberapa langkah ini dapat anda lakukan untuk memijat hidung tersumbat pada area maksilaris, seperti letakkan jari di area titik refleksi hidung tersumbat yaitu di kedua sisi hidung tepatnya di antara tulang pipi dan rahang atas, lalu pijat area tersebut dengan gerakan melingkar selama 30 detik, guna memberi tekanan yang lebih kuat gunakan ibu jari sebaiknya gunakan ibu jari untuk memijat.

3. Pijat Sinus Sphenoid dan Etmoid

Perlu diketahui, sinus sphenoid terletak di tengah tengkorak tepat dibelakang hidung dan di antara mata.Sedangkan sinus ethmoid terletak di depan sinus sphenoid, yaitu di tengah pangkal hidung dan tepi bagian dalam rongga mata.

Adapun tersumbatnya hidung karena peradangan yang terjadi di area tersebut dapat menyebabkan sakit kepala, nyeri wajah, dan postnasal drainage. Cara berikut ini dapat anda lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat dengan pijatan, letakkan ibu jari dan jari telunjuk di pangkal hidung, berikan tekanan di area hidung dan sudut dalam mata selama 15 detik, lalu pijat ke arah bawah sepanjang sisi batang hidung secara lembut, ulangi gerakan tersebut selama 30 detik.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru