BerandaNewsEkobizSri Mulyani Sumringah, Penarikan Utang RI Turun Tajam

Sri Mulyani Sumringah, Penarikan Utang RI Turun Tajam

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan perihal penarikan utang pemerintah yang diklaimnya mengalami penurunan tajam.

Sri Mulyani mengatakan, total pembiayaan utang sampai dengan bulan Juli 2023 baru mencapai Rp194,9 triliun. Sedangkan target dalam UU APBN 2023 berada di angka Rp696,3 triliun.

"Ini artinya dilihat dan dibandingkan dengan penarikan utang tahun lalu, maka pembiayaan utang mengalami penurunan sangat tajam, yaitu 17,8 persen," ujarnya dalam konferensi pers APBN KiTa yang dikutip Holopis.com, Jumat (11/8).

Dengan demikian, pembiayaan utang saat ini baru sebesar 28 persen dari target yang telah disepakati dalam UU APBN.

Penerbit Iklan Google Adsense

Secara rinci, utang pemerintah melalui penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) sampai dengan Juli 2023 hanya sebesar Rp184,1 triliun.

"Ini hanya 25,8 persen dari total (target neto Rp712,9 triliun) dan ini juga turun tajam 17,8% dibandingkan tahun lalu," kata Sri Mulyani.

Dengan pencapaian tersebut dan belanja yang terjaga, maka Sri Mulyani meyakini penerbitan SBN bisa ditekan. Sehingga, risiko yang ada dapat dikelola dengan baik.

"Inilah yang menyebabkan peringkat kredit SBN dan APBN kita diberikan penilaian dengan outlook yang stable atau positif," pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.

Jokowi Sebut Harga Pangan di Sulsel Lebih Murah dari Jawa, Kok Bisa?

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, bahwa harga sejumlah komoditas pangan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam keadaan sangat baik. 

IHSG Gacor Jelang Akhir Pekan, Didorong Saham-saham Teknologi

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7).

Kemenkeu Masih Bahas Rencana Pajaki Barang Impor China 200%

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku tidak mau terburu-buru untuk menerapkan tarif pajak atau bea masuk impor barang dari China hingga 200 persen.

IHSG Jelang Akhir Pekan, Bakal Kembali Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi rawan profit taking pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7), setelah ditutup menguat pada Kamis (4/7) kemarin.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS