Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

Prakiraan Cuaca 10 Agustus di Indonesia Berpotensi Hujan hingga Gelombang Tinggi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Prakiraan cuaca pada 10 Agustus 2023, sebagian wilayah Indonesia diprediksi alami cuaca ekstrem seperti hujan lebat yang disertai kilat dan angin kencang.

Dukutip Holopis.com dari laman BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), Kamis (10/8) wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Bengkulu.

Kemudian, kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Banten, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur.

Selanjutnya, wilayah Sulawesi Tengah, Maluku, Papua, Riau, Sumatera Selatan dan Lampung juga alami kondisi cuaca yang sama.

Untuk wilayah berpotensi angin kencang Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat dan Maluku Utara.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada 10-11 Agustus 2023.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari selatan-barat dengan kecepatan angin berkisar 6-25 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur- tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.

Gelombang yang sangat tinggi di kisaran 2,5- 4 meter berpeluang terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan barat Pulau Simeulue- Kepulauan Mentawai, perairan Bengkulu, perairan Pulau Enggano-barat Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan.

Kemudian Samudra Hindia barat Sumatra, perairan selatan Jawa hingga Pulau Sumbawa, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, Samudra Hindia selatan Jawa hingga NTT, perairan selatan Kepulauan Tanimbar dan Laut Arafuru bagian tengah dan barat.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

4 Khasiat Pare, Pahit Tapi Baik untuk Tubuh

Pare, atau yang sering disebut juga sebagai peria, adalah sayuran yang dikenal dengan rasa pahitnya yang khas.

4 Alasan Bahaya Sentuh Sembarangan Bayi di Tempat Umum

Selebtok Jennifer Coppen melarang anak perempuannya, Kamari Sky Wassink disentuh oleh penggemarnya di tempat umum.

Khasiat Biji Nangka, Nomor 5 Wajib Dicatat Ciwi-ciwi!

Biji nangka, yang seringkali dianggap sebagai sampah dan dibuah setelah mengonsumsi buah nangka.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru