Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jalan Kaki 4.000 Langkah Bisa Turunkan Risiko Demensia Alzheimer

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pencegahan demensia Alzheimer bisa dilakukan sejak usia muda, agar saat berusia lanjut otak bisa terlindungi.

Menurut Ahli saraf dari Universitas Katolik Atma Jaya, Prof. Dr. Yuda Turana salah satu caranya yakni dengan memulai hidup sehat.

“Pencegahan demensia Alzheimer dapat dilakukan sedari muda. Anak muda yang berusia 20 tahun dapat memulai gaya hidup sehat, sehingga dapat melindungi otak pada usia lanjut, ” kata Yuda dalam keterangannya, Rabu (9/8) seperti dikutip Holopis.com.

Dari data yang ada, Pembina Alzheimer Indonesia (ALZI) tersebut mengatakan ada lebih dari 1,2 juta masyarakat Indonesia yang mengalami demensia Alzheimer. Bahkan, pada tahun 2030 angka penderita tersebut bisa meningkat menjadi 2 juta orang.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan secara sederhana untuk mengurangi risiko demensia Alzheimer. Seperti, melakukan aktivitas fisik dengan berjalan kaki yang terbukti menurunkan risiko penyakit tersebut.

“Paling tidak bisa berjalan kaki minimal 4.000 langkah. Bahkan, kalau bisa 10.000 langkah lebih baik lagi,” jelas Yuda.

Kemudian, konsumsi makanan tetap harus dijaga dengan tidak mengonsumsi junk food, tidak merokok dan mengurangi minuman manis.

Upaya pencegahan tersebut harus dilakukan, karena menurut penjelasan Yuda belum ada obat yang bisa menyembuhkan demensia Alzheimer.

Ia mengatakan, obat yang ada saat ini digunakan hanya untuk memperlambat penyakit demensia Alzheimer.

Dalam kesempatan yang sama Ketua ALZI, Michael Maitimoe mengatakan bahwa tekanan psikologis, seperti stres, depresi, hingga kesepian dapat memicu penyakit Alzheimer.

Oleh karena itu, pihaknya mendorong masyarakat untuk dapat mengelola stres dengan baik, sehingga dapat mengurangi risiko demensia Alzheimer.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.

Jangan Sembarangan! Ini Waktu Ideal Ngopi

Kafein yang merupakan senyawa utama dalam kopi, teh, dan minuman energi, adalah salah satu stimulan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kafein dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan energi.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru