HOLOPIS.COM, JAKARTA – Alergi terhadap udang biasanya dialami oleh seseorang ketika sistem kekebalan tubuhnya memberi respons tidak normal terhadap kandungan tertentu di dalam udang. Sama halnya dengan alergi lainnya, alergi udang juga dapat menimbulkan berbagai gejala saat kambuh seperti, gatal-gatal, mata atau bibir membengkak, muntah, dan diare.

Tak hanya itu, dalam kasus berat reaksi alergi terhadap udang bahkan dapat berkembang menjadi kondisi lebih parah yaitu, syok anafilaktik yang dapat mengancam nyawa. Itulah sebabnya, seseorang yang pernah mengalami alergi udang perlu mencegah kambuhnya alergi tersebut.

Simak penjelasan berikut ini, guna mengetahui bagaimana cara mencegah alergi udang kambuh. Seperti yang telah dirangkumkan oleh Holopis.com, melalaui situs resmi Alodokter, pada Selasa (8/8).

Hindari Dapur yang Sedang Mengolah Udang

Perlu diingat bila tak ingin alergi udang kambuh, sebaiknya jauhkan diri dari lokasi dapur ketika ada yang memasak udang. Pasalnya, saat udang atau makanan laut lainnya tengah dimasak akan terjadi pelepasan protein tropomyosin melalui asap, uap, atau permukaan kompor. Hal inilah yang dapat menimbulkan resiko kambuhnya alergi udang.

Jauhi Makanan di Restoran yang Menyajikan Hidangan Laut

Walaupun makanan yang anda pesan bukanlah udang atau sejenisnya, namun tinggi risiko makanan telah terkontaminasi udang dapat terjadi. Hal ini karena, kemungkinan peralatan masak yang telah digunakan untuk memasak hidangan anda sama dengan yang dipakai untuk memasak udang. Itu sebabnya, sebaiknya anda menghindari makanan yang terdapat di rumah makan yang menyediakan makanan laut guna meminimalisir resiko kambuhnya reaksi alergi udang.

Selalu Baca Kemasan Produk Terlebih Dahulu

Ketika memilih produk apapun, sebaiknya pastikan anda telah membaca label kemasannya terlebih dahulu hal ini dilakukan guna mengetahui isi kandungan dalam produk tersebut. Udang atau makanan laut lainya tak hanya digunakan pada produk makanan, tapi juga pada produk penyedap rasa, kosmetik, dan obat maupun krim kecantikan. Selain itu, ketahui juga nama lain dari udang atau makanan laut agar benar-benar aman anda konsumsi. Misalnya, pada produk asal Prancis makanan yang berlabel crevette menandakan bahwa makanan tersebut mengandung udang.

Selain beberapa cara yang telah dijabarkan sebelumnya, pastikan juga anda telah memberi tahu orang terdekat seperti keluarga atau sahabat, bahwa anda memiliki alergi terhadap udang.