BerandaNewsEkobizBPS : Ekonomi RI Konsisten Tumbuh di Level 5 Persen Selama 7...

BPS : Ekonomi RI Konsisten Tumbuh di Level 5 Persen Selama 7 Kuartal Beruntun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2023 berada di angka 3,86 persen secara kuartalan atau quarter to quarter (qtq).

Sedangkan secara tahunan atau year on year (yoy), ekonomi Indonesia masih mencatatkan pertumbuhan di atas 5 persen, atau tepatnya 5,17 persen yoy.

“Pertumbuhan ekonomi secara tahunan konsisten berada pada level 5 persen selama 7 kuartal berturut-turut, menandakan ekonomi kita tetap stabil,” kata Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS, Moh. Edy Mahmud dalam konferensi pers yang dikutip Holopis.com, Senin (8/8).

Edy lantas memaparkan, besaran produk domestik bruto (PDB) pada kuartal II 2023 atas dasar harga berlaku mencapai Rp5.226,7 triliun. Sementara berdasarkan harga konstan mencapai Rp3.075,7 triliun.

Penerbit Iklan Google Adsense

Atas capaian pertumbuhan ekonomi tersebut, BPS mencatat bahwa ekonomi Indonesia masih terbilang stabil, meski berada di tengah perlambatan ekonomi global.

“Kita bisa melihat bahwa seluruh lapangan usaha tumbuh positif pada triwulan II-2023,” kata Edy.

Adapun sektor yang paling berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia pada periode kuartal II-2023 ini adalah sektor manufaktur, yakni dari industri pengolahan yang tumbuh 4,88 persen, dengan andil sebesar 18,25 persen terhadap pertumbuhan PDB.

“Pertumbuhan ekonomi (sektor) manufaktur itu lebih ditopang oleh masih kuatnya permintaan domestik maupun global,” tutur Edy.

Di sisi lain, dalam kelompok pengeluaran, konsumsi rumah tangga menjadi sektor yang paling banyak berkontribusi dengan pertumbuhan ekonomi di kuartal II 2023 dengan pertumbuhan 5,23 persen atau distribusi 53,31 persen.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.

Jokowi Sebut Harga Pangan di Sulsel Lebih Murah dari Jawa, Kok Bisa?

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, bahwa harga sejumlah komoditas pangan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam keadaan sangat baik. 
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS