Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Hari Peringatan Bom Hiroshima-Nagasaki, 6 Agustus : Begini Sejarahnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Peringatan Bom Hiroshima-Nagasaki jatuh pada 6 Agustus di setiap tahunnya.

Pada 6 Agustus 1945, Amerika Serikat menjatuhkan bom atom ke dua kota di Jepang, yakni Hiroshima dan Nagasaki, peristiwa itu terjadi menjelang berakhirnya Perang Dunia ke-2.

Bom atom yang dijatuhkan Amerika Serikat itu sendiri memiliki nama yang berbeda, yakni Little Boy di Hiroshima, dan Fat Man di Nagasaki.

Sejarah Bom Hiroshima dan Nagasaki

Kota Hiroshima di Jepang merupakan pusat produksi, kemudian dipilih sebagai target pertama dari Proyek Manhattan.

Proyek Manhattan itu sendiri merupakan sebuah nama sandi program rahasia milik pemerintah Amerika Serikat terkait program pengembangan senjata atom.

Kemudian, AS siap menjatuhkan bom atom, dengan memasukan bom uranium-235 seberat lebih dari 9000 pon dalam pesawat pengebom B-29 yang dimodifikasi bernama Enola Gay.

Pada pesawat itu lah bom bernama ‘Little Boy’ dijatuhkan dengan parasut (6 Agustus 1945 pukul 08.15 waktu pagi) ke Hiroshima.

Bom itu meledak hebat 2000 kaki di atas Hiroshima, dimana ledakannya setara dengan 12000 sampai 15000 ton TNT, yang akibatnya menghancurkan lima mil persegi kota.

Kemudian, tiga hari berselang, tepatnya pada 9 Agustus 1945, AS menerbangkan kembali pesawat pengebom B-29 lainnya yang diterbangkan oleh Mayor Charles Sweeney.

Sweeney menargetkan kota Nagasaki dengan bom yang dibawa pesawatnya bernama Fat Man, dan dijatuhkan pada pukul 11.02 waktu siang.

Bom Fat Man itu sendiri punya berat mencapai 10 ribu pound yang dibuat untuk menghasilkan ledakan 22 kiloton.

Setelah itu, Jepang mengambil langkah pada 15 Agustus 1945.

Kaisar Hirohito mengumumkan dengan gamblang penyerahan negaranya dalam sebuah siaran media radio kala itu.

Muncul lah yang namanya perayaan ‘Kemenangan di Jepang atau disebut Hari VJ, AS dan negara sekutunya merayakan hal itu.

Kemudian perjanjian penyerahan formal dilakukan pada 2 September, dimana penandatanganan dilakukan di atas kapal perang Amerika Serikat bernama Missouri.

Ada pun jika ditotal, selain kehancuran bangunan infrastruktur, akibat dari bom atom tersebut yakni menyebabkan sekitar 70 ribu sampai 135 ribu orang tewas di kota Hiroshima.

Sementara, sebanyak 60 ribu hingga 80 ribu tewas di kota Nagasaki. Tak sampai situ, ada pun efek dari ledakan tersebut yakni timbulnya radiasi.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Hari Perhubungan Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Setiap tanggal 17 September, Indonesia memperingati Hari Perhubungan Nasional atau yang biasa disebut Harhubnas. Peringatan ini merupakan momentum penting bagi kita untuk merefleksikan dan mengapresiasi peran vital sektor perhubungan dalam mendukung pembangunan nasional.

Hari Palang Merah Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Hari Palang Merah Nasional diperingati setiap tanggal 17 September, yang pertama kali diresmikan dan diketahui oleh Drs. Mohammad Hatta pada tahun 1945.

Hari Ozon Internasional, 16 September : Simak Tema dan Sejarahnya

Hari Ozon Internasional diperingati pada 16 September di setiap tahunnya, dimana hari besar tersebut diperingati bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia agar lebih mengenal mengenai ozon bumi itu sendiri.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru