Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Catat! Konsumsi 5 Makanan Bernutrisi Ini untuk Tingkatkan Memori

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Makanan yang bernutrisi memang diketahui dapat memberi pengaruh luar biasa terhadap ketajaman memori. Pola diet sehat mencakup buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian juga bisa membantu meningkatkan kognitif otak, hal ini diungkapkan oleh penelitian Harvard Health Publishing.

Bila umur anda masih muda namun sering lupa, hal ini mungkin bisa terjadi karena asupan makanan anda kurang nutrisi. Kurang fokus, lupa meletakkan barang, lupa nama orang, atau bahkan melupakan janji merupakan beberapa contoh kalau memori anda kurang tajam. Namun tak perlu khawatir, faktor makan, diet, dan gaya hidup dapat mempengaruhi memori atau daya ingat anda.

Berikut ini beberapa pilihan makanan tepat yang dapat anda konsumsi guna meningkatkan daya ingat atau memori. Seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com, melalui situs resmi Halodoc, Rabu (2/8).

Ikan

Memperbanyak konsumsi ikan berminyak seperti salmon, mackerel, tuna, dan ikan lainnya dapat membantu mengurangi risiko alzheimer. Hal ini karena, ikan mengandung asam lemak omega 3 yang dapat memperbaiki fungsi kognitif serta mempertajam daya ingat. Selain itu, kandungan omega 3 pada ikan juga dapat memperlambat penurunan mental karena diyakini membantu sel-sel saraf berkomunikasi satu sama lain. Kandungan asam lemak omega 3 yang ada di dalam ikan, dan makanan laut bahkan dapat meningkatkan 15% memori otak.

Kacang-kacangan

Bila anda tidak memiliki riwayat alergi terhadap kacang-kacangan, anda bisa mengkonsumsi kacang-kacangan seperti kacang tanah guna mempertajam daya ingat. Dengan menjadikan kacang-kacangan sebagai kudapan ringan juga dapat meningkatkan fungsi kognitif otak, termasuk daya ingat.

Cokelat

Cokelat diketahui memiliki rasa yang enak, dan dianggap dapat memperbaiki suasana hati itu sebabnya jenis makanan yang satu ini sangat digemari banyak orang. Namun siapa sangka, rupanya cokelat juga mampu meningkatkan memori otak. Hal ini karena, konsumsi coklat dapat memperlancar sirkulasi darah ke bagian otak yang berperan dalam daya ingat. Selain itu, kandungan antioksidan dan flavonoid dalam coklat juga dapat membalikkan penurunan daya ingat karena faktor usia, sehingga konsumsi cokelat juga bisa mencegah terjadinya alzheimer.

Kafein

Tidak hanya memiliki rasa yang enak, kafein juga dapat mempertajam daya ingat serta menurunkan risiko alzheimer. Hal ini karena, kafein dapat memblokir adenosin yaitu sebuah molekul yang dapat mengganggu fungsi sel saraf dalam otak sehingga membuat otak sulit untuk menyimpan informasi baru ke dalam kegiatan. Tak hanya itu, kafein juga telah terbukti dapat meningkatkan komunikasi antar sel saraf yang berperan dalam ingatan di otak. Itu sebabnya jika anda tidak sensitif dengan kafein, anda bisa mengkonsumsi kafein seperti teh ataupun kopi setidaknya 2 hingga 4 cangkir per hari guna mempercepat daya ingat.

Blueberry

Perlu diketahui, blueberry kaya akan flavonoid yang memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan dapat melawan radikal bebas, serta mencegah kerusakan otak. Selain itu, kandungan flavonoid pada blueberry juga berperan dalam perbaikan daya ingat. Dengan mengkonsumsi jus blueberry, dapat memperbaiki fungsi kognitif otak termasuk daya ingat pada orang yang berusia lebih tua. Tak hanya itu, konsumsi blueberry, stroberi, dan buah acai bisa mencegah serta memperlambat penurunan fungsi kognitif dan daya ingat akibat faktor usia.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.

Jangan Sembarangan! Ini Waktu Ideal Ngopi

Kafein yang merupakan senyawa utama dalam kopi, teh, dan minuman energi, adalah salah satu stimulan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kafein dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan energi.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru