HOLOPIS.COM, JAKARTA – Cemas dan rasa khawatir sering dirasakan sebagian ibu hamil tua ketika hendak melakukan hubungan intim. Hal ini karena, Ibu hamil mungkin khawatir lantaran hubungan intim dianggapnya membahayakan janin atau menyebabkan kelahiran prematur. Nyatanya, selama kandungan normal dan sehat berhubungan intim ketika hamil tua tetap dapat dilakukan.

Meski begitu, penting untuk memperhatikan posisi ketika ingin berhubungan intim dalam keadaan hamil tua. Tentunya ketika perut semakin membesar, anda dan pasangan harus lebih kreatif dalam memilih posisi yang aman, nyaman, serta tidak menyebabkan perut ibu hamil tertekan.

Penjelasan berikut ini menjabarkan beberapa posisi aman untuk berhubungan intim saat hamil tua atau trimester 3, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Alodokter, Rabu (2/8).

Penetrasi dari Belakang
Ketika melakukan posisi ini, ibu hamil diharuskan untuk menungging dan biarkan suami yang melakukan penetrasi dari belakang dengan posisi berlutut atau setengah berdiri.

Wanita di Atas
Pada posisi ini, suami tidur terlentang sedangkan ibu hamil duduk di atasnya. Adapun posisi berhubungan intim yang satu ini, diyakini aman bagi ibu hamil karena perut anda tidak akan tertekan.

Duduk
Saat melakukan posisi ini, suami duduk di kursi sedangkan ibu hamil duduk tepat di atas pahanya. Bila ingin lebih maksimal, disarankan untuk bersandar ke dinding atau lemari.

Posisi Missionary
Pada posisi ini, ibu hamil tidur terlentang dan suami berada di atas. Perlu diingat, suami harus memanfaatkan lengan dan kakinya sebagai tumpuan berat badan agar perut ibu hamil tidak tertekan.

Penetrasi Menyamping
Untuk melakukan posisi ini, ibu hamil dan suami tidur menyamping dan berhadap-hadapan. Sehingga suami dapat melakukan penetrasi dari depan.