Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

7 Juta Ancaman Daring ke Pengguna Internet di Indonesia Berhasil Digagalkan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Lebih dari 7 juta ancaman daring yang menargetkan pengguna internet di Indonesia, berhasil digagalkan Kaspersky yang merupakan sebuah perusahaan keamanan dunia maya global.

Angka tersebut tercatat, selama kuartal kedua tahun 2023. Dikutip Holopis.com dari laporan Kaspersky, Rabu (2/8), ada 7.729.320 deteksi ancaman online berhasil diblokir selama periode April hingga Juni 2023.

Angka tersebut menurun 30 persen, dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (Januari hingga Maret 2023) yakni, 7.651.841 deteksi.

Kemudian pada kuartal kedua 2023, sebanyak 21,7 persen pengguna internet di Indonesia menjadi sasaran ancaman daring.

Angka ini menempatkan Indonesia di peringkat ke-96 dunia, dalam hal bahaya yang terkait dengan penjelajahan web.

Selain itu, data statistik Kaspersky juga mengungkapkan bahwa penggunaan statistik infeksi lokal untuk komputer pengguna menjadi indikator penting dalam mengukur serangan siber.

Seperti Cacing (worms) dan virus file menjadi pemicu sebagian besar insiden serangan malware melalui drive USB, CD, DVD, dan metode ‘offline‘ lainnya.

Dalam periode April hingga Juni 2023, sebanyak 28,3 persen pengguna di Indonesia menjadi sasaran ancaman lokal.

Produk Kaspersky mendeteksi sebanyak 13.015.667 insiden lokal pada komputer partisipan KSN di Indonesia, yang menempatkan Indonesia di posisi ke-66 secara global.

Kaspersky mengingatkan, jumlah pendeteksian masih relatif tinggi. Apalagi dengan populasi Indonesia yang besar dan penetrasi internetnya yang tinggi. Sehingga, data dan informasi sensitif menjadi sasaran menarik bagi para penjahat siber.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Teguh Sebut Data Ditjen Pajak yang Dijual Bjorka ada Nama Jokowi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Konsultan keamanan siber sekaligus pendiri Ethical...

KAI Catat Peningkatan Volume Kendaraan Parkir di Lima Stasiun

PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) melalui KAI Service mencatat adanya peningkatan kendaraan di area parkir stasiun. Setidaknya selama bulan Agustus 2024, peningkatan terjadi di sebanyak lima stasiun yakni Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Bandung Selatan, Stasiun Semarang Tawang dan Stasiun Bandung Utara.

Kurangi Ketergantungan Cloud Global, Sidik Cyber Tawarkan Security System dengan TKDN Tinggi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - CEO Sidik Cyber, Yonathan Yeremia memberikan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru