HOLOPIS.COM, JAKARTA – Luka gores kerap terjadi dan membuat darah mengalir, hal ini tentu saja terasa menyakitkan. Bahkan pada luka gores yang berukuran lebar biasanya perlu diobati dengan dijahit, pasalnya bila tidak segera dilakukan penanganan luka ini bisa saja mengalami infeksi lantaran terkontaminasi kotoran dan bakteri.

Munculnya luka gores disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari gesekan ringan yang terjadi terus-menerus, tergores kuku, gesekan celana yang terlalu ketat, atau bahkan gigitan kutu ketika anda tengah tertidur, dan lain sebagainya. Luka ini akan terasa begitu perih karena rangsangan ujung-ujung serabut saraf pada permukaan kulit, serta adanya peradangan pada jaringan sekitar luka.

Bila hal tersebut terjadi, anda dapat melakukan beberapa langkah pengobatan yang akan dibahas berikut ini, dijamin ampuh dan sembuh lebih cepat. Seperti yang dirangkumkan oleh Holopis.com melalui situs resmi Halodoc, Rabu (2/8).

Bersihkan Luka Hingga Bersih

Bila anda mengalami luka gores, membersihkannya merupakan hal yang wajib dilakukan. Pasalnya, bila tidak segera ditangani luka yang kotor bisa saja menyebabkan infeksi lanjut. Caranya, pertama-tama bersihkan luka dengan membasuhnya menggunakan air guna memastikan bahwa kotoran yang terdapat pada luka telah hilang. Kemudian, semprotkan spray antiseptik luka yang tidak perih, tidak berwarna, serta tidak berbau sehingga aman bila digunakan pada luka.

Lindungi Luka dengan Plester guna Menjaga Kelembaban

Setelah anda menyemprotkan spray antiseptik luka, pastikan untuk menjaga bagian yang luka agar tetap lembab. Perlu diketahui, penanganan luka yang tidak tepat justru dapat membuat luka menjadi lebih lama sembuh. Oleh sebab itu agar cepat sembuh, luka bukannya harus dibuat kering atau diangin-anginkan namun harus dijaga agar lembab. Pasalnya, kondisi lembab ini dapat membantu sel fibroblas untuk pembentukan jaringan baru, sehingga luka dapat menutup dengan sempurna. Anda dapat menggunakan plester guna melindungi luka agar tetap lembab dan terlindungi dari debu maupun kotoran.

Gunakan Salep Agar Luka Lebih Cepat Sembuh

Untuk memperoleh hasil penyembuhan lebih cepat, pastikan untuk mengoleskan salep luka. Hal ini karena, salep luka dapat membantu percepat proses penyembuhan secara alami, serta mencegah risiko timbulnya bekas luka. Perlu diperhatikan, bila anda ingin menutup kembali luka dengan plester, pastikan agar penggunaan salep sebelumnya dioles pada bagian luka, hal ini dilakukan agar plester dapat merekat dengan sempurna.