BerandaDaerahNTTLanal Pulau Rote Gelar Pelatihan Penanggulangan Bencana Badai Siklon

Lanal Pulau Rote Gelar Pelatihan Penanggulangan Bencana Badai Siklon

HOLOPIS.COM, ROTE – Pangkalan TNI AL (Lanal) Pulau Rote adakan Pelatihan Penanggulangan Bencana Badai Siklon Tropis tahun 2023.

Danlanal Pulau Rote, Letkol Marinir Nikodemus Balla menjelaskan, pelaksanaan pelatihan bersama masyarakat ini demi memberikan pembelajaran sendiri agar masyarakat siap dalam menghadapi situasi bencana.

“Sesuai arahan dari KSAL untuk selalu menjaga kepercayaan kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa, dan negara,” kata Nikodemus dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (1/8).

Pelatihan ini pun telah sukses digelar sejak 25 sampai 31 Juli lalu di Desa Oeseli dan Desa Dolasi, Kec. Rote Barat Daya, Kab. Rote Ndao.

Penerbit Iklan Google Adsense

Nikodemus Balla juga menjelaskan, pelatihan penanggulangan bencana ini juga bermaksud untuk menumbuhkan kesadaran, meningkatan kemampuan diri sendiri, kesiapsiagaan untuk situasi bencana.

Latihan Pencarian
Latihan proses pencarian korban di dalam air.

“Serta kewaspadaan dan sikap tanggap segera dalam menyiapkan alat peralatan, serta menyelamatkan diri dari risiko ancaman dan menghadapi terjadinya ancaman alam badai siklon tropis di daerah pesisir,” terangnya.

Selain itu, dengan terselenggaranya Latihan Penanggulangan Bencana secara berkala, masyarakat diharapkan dapat mengidentifikasi titik evakuasi dan perlindungan yang dinilai paling aman, sehingga meminimalisir terjadinya jatuh korban.

“Masyarakat juga akan terbiasa melakukan upaya mitigasi bencana menuju Indonesia Tangguh Bencana,” imbuhnya.

Foto Bersama
Sesi foto bersama prajurit TNI AL dan warga.

Pelatihan Penanggulangan Bencana ini diikuti oleh 128 personel yang terdiri dari Lanal Pulau Rote, Kodim 1627/RN, Koramil 1627-3, Polres Rote Ndao, Polsek RBD, Polair Rote Ndao, Pos TNI AU D.C Saundale, BPBD Rote Ndao, Satpol PP Rote Ndao, Tagana Dinsos Rote Ndao, Dinkes Rote Ndao, Pos SAR Rote Ndao, Puskesmas RBD, Syahbandar Rote, dan Pramuka Saka Bahari Lanal Pulau Rote serta diikuti 250 warga Desa Oeseli dan Dolasi.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Pegawai BUMN Dilaporkan Atas Dugaan Penyerobotan Tanah Warga di NTT

Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi NTT, Hiskia Simarmata kabarnya telah memerintahkan pihak Kantor Pertanahan Kabupaten Rote Ndao untuk segera menyerahkan data-data tanah milik Kristian Feoh.

Nyalon Bupati Rote Ndao, Paulus Henuk Janji Bangunkan Infrastruktur Merata

Bakal calon Bupati Rote Ndao, Paulus Henuk mengumbar janji untuk memastikan bahwa pembangunan infrastruktur akan dipenuhi dengan sebaik mungkin.

Kapolsek Rote Selatan Tunggu Laporan Korban Oknum Guru Selingkuh

HOLOPIS.COM, ROTE NDAO - Kapolsek Rote Selatan, IPDA Andi Darma Elim, memberikan pernyataan resmi menanggapi laporan warga tentang dugaan perselingkuhan yang melibatkan seorang ASN...

Pj Bupati Apresiasi TNI Gelar TMMD di Rote Ndao

Pj Bupati Rote Ndao, Oder Maks Sombu  menyatakan bahwa program TMMD adalah wujud nyata sinergi antara TNI dan masyarakat dalam pembangunan desa.

Konsistensi Penegak Hukum di NTT Dipertanyakan

Pengamat Hukum dari Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Aksi Sinurat mengungkapkan keprihatinannya terkait dengan konsistensi aparat penegakan hukum.

Kejari Rote Ndao Bantah Tuduhan Pulbaket Dana Reses DPRD

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Rote Ndao, Budi Narsanto, mengklarifikasi informasi yang beredar di media terkait dugaan penyelidikan anggaran reses 25 anggota DPRD Kabupaten Rote Ndao tahun 2021.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS