Senin, 16 September 2024
Senin, 16 September 2024

Jokowi Perintahkan Semua Jajaran Bergerak Atasi Dampak Cuaca Ekstrem di Papua

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dampak cuaca ekstrem mulai dirasakan di Papua Tengah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung memerintahkan jajaran kementerian, lembaga terkait dan pemda setempat untuk menangani secepat-cepatnya.

“Saya sudah perintahkan pada Menko PMK, Menteri Sosial, BNPB dan juga di daerah, di papua untuk segera menangani secepat-cepatnya,” tegas Jokowi saat memjawab pertanyaan wartawan soal upaya penanganan bencana ekstrem yang dikutip Holopis.com, Senin (31/7).

“Problemnya, supaya tahu ya, itu ada daerah spesifik yang kalau di musim salju itu yang namanya tanaman tidak ada yang tumbuh, di ketinggian yang sangat tinggi, distrik itu,” sambungnya.

Selain itu, menurut Jokowi permasalahan lainya yakni masalah distribusi bantuan kepada masyarakat disana dan juga keamanan. Apalagi, pesawat pengantar bantuan tidak berani turun, atas faktor keamanan.

Untuk itu, Jokowi juga akan melibatkan TNI untuk membantu melakukan pengawalan agar masalah yangb ada bisa teratasi.

“Sebab itu saya minta tadi TNI untuk membantu mengawal. Di sana memang problemnya selalu seperti itu, medannya yang sangat sulit, pesawat yang mau turun pilotnya nggak berani, sehingga problem itu yang terjadi,” ujar Jokowi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Dampak El Nino di Indonesia, menurut Mendagri (Menteri Dalam Negeri) Tito Karnavian sudah mulai dirasakan. Salah satunya yang terjadi di Puncak hingga Papua Tengah.

Tito mengatakan, disana sudah terjadi kekeringan yang menyebabkan gagal panen hingga menimbulkan korban jiwa.

“Sudah terjadi di Kabupaten Puncak. Terjadi kekeringan, gagal panen dan 6 warga meninggal di sana,” katanya dalam acara Penyerahan Insentif Fiskal yang disiarkan secara langsung lewat Kanal Youtube Kementerian Keuangan RI yang dikutip Holopis.com, Senin (31/7).

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

4 Alasan Bahaya Sentuh Sembarangan Bayi di Tempat Umum

Selebtok Jennifer Coppen melarang anak perempuannya, Kamari Sky Wassink disentuh oleh penggemarnya di tempat umum.

Khasiat Biji Nangka, Nomor 5 Wajib Dicatat Ciwi-ciwi!

Biji nangka, yang seringkali dianggap sebagai sampah dan dibuah setelah mengonsumsi buah nangka.

4 Lokasi Menggunakan Balsem untuk Atasi Pusing

Pusing adalah keluhan yang umum dialami banyak orang dan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk stres, kelelahan, atau gangguan kesehatan lainnya.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru