Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Buntut OTT Basarnas, Jubir KPK Benarkan Asep Guntur akan Ajukan Pengunduran Diri

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kabar pengunduran diri Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi serta Direktur Penyidikan KPK, Brigjen Asep Guntur diamini Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri. Ali menyebut Asep Guntur akan melayangkan surat pengunduran diri kepada pimpinan KPK.

“Betul, informasi yang kami terima bahwa Ybs akan mengajukan surat dimaksud kepada pimpinan,” ucap Ali dalam keterangannya seperti dikutip Holopis.com, Senin (31/7).

Setelah menerima surat tersebut, kata Ali,
pimpinan KPK bakal menentukan apakah pengajuan tersebut diterima atau ditolak.

“Namun demikian, hal tersebut tentunya menjadi keputusan Pimpinan. Apakah permohonan tersebut diterima atau ditolak,” ujar dia.

Beredar kabar pengunduran diri Asep Guntur berkaitan dengan polemik operasi tangkap tangan (OTT) perkara suap di Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas). Dari OTT itu, KPK menetapkan dua anggota TNI aktif sebagai tersangka, yakni Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi dan Koordinator Administrasi (Koorsmin) Kabasarnas Letkol Adm Afri Budi Cahyanto.

Pihak TNI lantas keberatan atas penetapan tersangka terhadap dua anggota militer aktif. Mereka beralasan penetapan tersangka terhadap dua anggota TNI aktif hanya bisa dilakukan oleh Pusat Polisi Militer (Puspom) TNI.

Atas hal tersebut, Wakil Ketua KPK Johanis Tanak lantas meminta maaf. Johanis bahkan menyebut tim penindakan telah khilah karena menetapkan Kabasarnas Henri sebagai tersangka. Disinyalir hal itu jadi alasan Asep Guntur mengundurkan diri.

Namun Ali mengklaim bahwa sebenarnya
pimpinan KPK mendukung penuh langkah tim penyelidik dan penyidik dalam rangkaian proses penanganan dugaan tindak pidana korupsi di Basarnas itu.

“Begitupun penting juga kami sampaikan bahwa pimpinan mendukung penuh langkah dan upaya yang telah dilakukan tim penyelidik dan penyidik dalam rangkaian proses penanganan dugaan tindak pidana korupsi di Basarnas ini,” kata Ali.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tawuran di Bekasi Tewaskan Seorang Remaja

HOLOPIS.COM, BEKASI - Seorang remaja berinisial  WS tewas terkena...

KPK Dalami Penempatan Dana Taspen ke Sejumlah Sekuritas

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap penempatan...

Rugi Puluhan Juta Rupiah, Pengusaha Karawang Lapor Proyek Fiktif ke Polres

Ferry Dharmawan, seorang pengusaha asal Karawang, melaporkan dugaan penipuan dan penggelapan yang dilakukan oleh pria berinisial EA ke Polres Karawang. Dugaan tersebut terkait proyek fiktif yang menyebabkan kerugian materiil bagi Ferry, setelah ia menyerahkan uang puluhan juta rupiah.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru