Rabu, 26 Juni 2024
BerandaNewsEkobizWamendag Sebut Kans Indonesia Jadi Negara Besar Semakin Terbuka

Wamendag Sebut Kans Indonesia Jadi Negara Besar Semakin Terbuka

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga menyebut perekonomian nasional yang semakin solid membuat peluang Indonesia untuk menjadi negara besar semakin terbuka lebar.

Bahkan, kata Jerry, ekonomi Indonesia kini semakin diperhitungkan bukan hanya di kancah regional yang dalam hal ini ASEAN, tetapi juga di kancah global.

Menurutnya, potensi kuat Indonesia menjadi negara besar dapat dibuktikan dengan kesuksesan Indonesia dalam memainkan perannya di forum-forum internasional, seperti KTT G20 dan ASEAN.

“Indonesia semakin berpotensi menjadi negara besar yang diperhitungkan di kancah regional ataupun global. Hal tersebut telah terbukti dengan kesuksesan Presidensi G20 Indonesia dan tahun ini kita juga mendapat mandat menjadi Ketua ASEAN,” ujar Jerry dalam keterangan resminya yang dikutip Holopis.com, Minggu (30/7).

Penerbit Iklan Google Adsense

Sebagai informasi, perekonomian Indonesia saat ini berada dalam kondisi yang terbilang kondusif. Hal itu terlihat dari konsistensi surplus neraca perdagangan, serta tingkat inflasi yang selalu terjaga stabil.

Jerry kemudian menjelaskan gambaran besar perekonomian Indonesia yang mempertahankan tren positif dan bagaimana ekspor perdagangan memberi kontribusi signifikan pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Namun menurutnya, tren positif perekonomian Indonesia itu masih perlu dukungan dari para anak muda di Indonesia, khususnya para mahasiswa. Ia pun mengajak para anak muda untuk ikut berpartisipasi dengan memberikan dukungan terhadap produk lokal.

“Cara sederhana yang bisa anak muda lakukan adalah membeli dan memakai produk Usaka Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia,” ujar politisi Partai Golkar tersebut.

Lebih lanjut, Jerry menegaskan pihaknya di Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan fokus mempersiapkan UMKM agar semakin kompeten.

“Pemerintah terus berusaha memperbaiki 3K dalam konteks UMKM, yaitu kuantitas atau kapasitas produksi UMKM, kualitas dari produk yang dihasilkan, dan kontinuitas yang dapat membuat UMKM semakin berdaya saing,” pungkasnya

Temukan kami juga di Google News
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono
BERITA LAINNYA

Mentan Yakin RI Bisa Jadi Lumbung Pangan Dunia

Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman mengaku optimis Indonesia dapat kembali mencapai swasembada pangan. Bahkan ia meyakini Indonesia dapat menjadi lumbung pangan dunia dalam waktu dekat.

Harga Emas Antam Turun Lagi, Cek Harganya Sekarang

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami penurunan cukup signifikan pada perdagangan hari ini, Rabu 26 Juni 2024.

Mentan Minta Pemda Serius Antisipasi Krisis Pangan Dunia

Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman meminta pemerintah daerah (pemda) yang ada di seluruh wilayah Indonesia untuk menaruh perhatian lebih ke sektor pertanian, guna mengantisipasi ancaman krisis pangan dunia.

IHSG Hari Ini Dibuka Menguat, Tembus Level 6.900

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka dibuka menguat, yang mengantarkan indeks saham Indonesia itu ke zona hijau pada awal perdagangan hari ini, Rabu (26/6).

Harga Emas di Pegadaian Hari Ini : Antam Naik, UBS Turun

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Rabu 26 Juni 2024.

Kemenkeu Pastikan Semua Visi Misi Prabowo-Gibran Masuk RAPBN 2025

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan semua visi misi presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka masuk dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

HOLOPIS FEEDS