BerandaNewsRagamGelombang Tinggi di Perairan Bali Bisa Capai 4 meter

Gelombang Tinggi di Perairan Bali Bisa Capai 4 meter

HOLOPIS.COM, BALI – Gelombang tinggi di selat Bali dan selat Lombok, diprakirakan akan berlangsung pada periode 27-29 Juli 2023. Menurut BBMKG (Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), ketinggian gelombang bisa mencapai  4 meter.

Kepala BBMKG Wilayah III Denpasar, Cahyo Nugroho mengimbau agar operator kapal penyeberangan mewaspadai kondis tersebut. Tinggi gelombang terjadi, karena kecepatan angin yang selama periode tersebut mencapai 40 kilometer per jam atau 21,5 knot.

“Kami imbau selalu waspadai potensi peningkatan kecepatan angin dan tinggi gelombang laut,” ujar Cahyo dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Kamis (27/7).

Angin tersebut bertiup dari arah timur-selatan atau berasal dari benua Australia bergerak konstan menuju daratan Asia atau disebut angin timuran, seiring puncak musim kemarau di Bali yang diperkirakan pada Juli-Agustus 2023.

Penerbit Iklan Google Adsense

Sejumlah wilayah perairan di Bali diperkirakan mencapai hingga empat meter, yakni di Selat Badung. Adapun kecepatan angin di kawasan itu diperkirakan mencapai hingga 20 knot atau 37 kilometer per jam yang bergerak dari arah timur-tenggara.

Selat Badung adalah jalur penyeberangan Sanur di Denpasar menuju kawasan wisata Pulau Nusa Penida di Kabupaten Klungkung serta merupakan kawasan wisata bahari dan jalur nelayan melaut.

Selain dari Sanur, penyeberangan menuju Pulau Nusa Penida juga dapat ditempuh dari Padangbai, Karangasem dan Kusumba di Klungkung melalui jalur penyeberangan Selat Badung.

Tidak hanya itu, Selat Badung juga dilalui kapal pelayaran dari Pelabuhan Benoa Denpasar menuju sejumlah kota di Indonesia Timur.

Adapun kondisi angin dan gelombang laut yang berisiko tinggi terhadap keselamatan berlayar, yakni perahu nelayan apabila kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Kapal tongkang apabila kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter, kapal feri apabila kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Perjalanan Akademis Firmanto Laksana: Dari Ketua Bidang PERADI hingga Guru Besar Kehormatan Unissula

Ketua Bidang Pendidikan Profesi Advokat, Sertifikasi, dan Kerja Sama DPN Peradi, Firmanto Laksana, dikukuhkan sebagai guru besar kehormatan Unissula, Semarang.

Penampilan di Minggu Terakhir PRJ 2024, Ada Rizky Febian Hingga Kotak!

Keseruan Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) akan masih terus berlanjut hingga tanggal 14 Juli nanti.

Guru Besar Unissula, Firmanto Laksana Dorong Pengembangan Industri Golf Tanah Air

Menantu pengacara kondang Otto Hasibuan ini telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendukung perkembangan industri golf di Indonesia.

Tahun Baru Islam Harus Jadi Ajang Kontemplasi Nasionalisme

Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia, Prof Mahfud MD, mengatakan bahwa tahun baru Islam harus menjadi ajang untuk perenungan bagi seluruh bangsa Indonesia untuk merawat nasionalisme dan rasa persaudaraan antar sesama anak bangsa.

Lokasi SIM Keliling Hari Senin 8 Juli di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Senin 8 Juli 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Banjir Landa Lima Kecamatan di Bone Bolango

Bencana banjir melanda beberapa wilayah pada lima kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS