Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizMenkop Teten Pastikan Project S TikTok Tak Akan Masuk Indonesia

Menkop Teten Pastikan Project S TikTok Tak Akan Masuk Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menegah (Menkop UKM), Teten Masduki menyampaikan, bahwa pihaknya telah bertemu dengan pihak TikTok Indonesia umum membicarakan perihal Project S TikTok yang ramai dibahas belakangan.

Dalam pertemuan itu, Teten menyebut pihak TikTok telah berjanji untuk tidak memasukkan Project S TikTok ini ke Indonesia.

Kemarin kita udah meeting dengan TikTok, mereka berjanji Project S tidak akan dilakukan di Indonesia,” kata Teten dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (27/7).

Hal ini tentu menjadi kabar bagus bagi masyarakat di Indonesia, terutama para UMKM. Sebab, Project S TikTok ini memungkinkan perluasan produk China di suatu negara. Sehingga diyakini, bakal mengancam keberadaan UMKM di suatu negara, termasuk Indonesia.

“Saya melihatnya justru Project S TikTok di Inggris dan beberapa negara lain itu kan sangat memukul produk lokal, karena kecanggihan teknologi algoritma mereka,” kata Teten.

Lebih lanjut, Teten pun menegaskan, seluruh platform digital khususnya yang berasal dari luar negeri untuk tidak menjual produk dagangannya. Mereka juga harus menjual dagangannya dengan mekanisme impor yang ada.

Pasalnya, UMKM Indonesia saja harus melalui beberapa proses hingga dagangannya bisa dijual. Mulai dari mengurus izin edar, SNI, hingga sertifikasi halal.

“Itu harus dilarang. Sehingga platform digital enggak boleh jual produk mereka sendiri, mereka enggak boleh punya brand atau jual produk-produk dari afiliasi bisnisnya,” terang Teten.

“Kalau mereka jualan barang juga algoritma mereka akan mengarahkan kepada produk-produk mereka. Sehingga konsumen di pasar digital hanya akan beli produk milik atau afiliasi bisnis mereka,” imbuhnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Akhir Pekan, Harga Emas Antam Ngegas Jadi Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Sabtu 21 September 2024.

Jokowi Sebut Kesempatan Kerja Makin Sempit, Fedi Nuril : UU Cipta Kerja Gagal, Pak ?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Fedi Nuril memberikan sindiran kepada Presiden...

Bahlil Kasih Sinyal Pemerintah Batal Batasi Pembelian BBM Subsidi Mulai 1 Oktober 2024

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia memberikan sinyal kuat, bahwa aturan pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi batal diberlakukan mulai 1 Oktober 2024.

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.