Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Hati-hati, Ini 5 Dampak Negatif FOMO bagi Kesehatan Mental yang Perlu Diwaspadai

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Fear of Missing Out atau yang populer disebut FOMO, adalah kondisi dimana seseorang merasa khawatir dan takut kelewatan pengalaman sosial maupun kehidupan orang lain. Kondisi ini sudah menjadi fenomena yang semakin meningkat dalam kehidupan masyarakat modern, lantaran serba terhubung secara digital.

Perlu diketahui, FOMO bermula dari perilaku sering melihat gambar indah yang beredar di media sosial kemudian merasa tertinggal atau cemas saat tidak terlibat dalam pengalaman tersebut. Hal ini tentu saja berdampak buruk bagi kesehatan mental, oleh karena itu simak penjelasan berikut ini guna mengetahui apa saja dampak buruk FOMO. Seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Halodoc, Kamis (27/7).

Kecemasan dan Stres

Perlu diketahui, FOMO dapat menyebabkan seseorang merasa cemas dan stres lantaran rasa khawatir akan kehilangan pengalaman menyenangkan yang dimiliki orang lain. Hal ini tentu saja berdampak negatif bagi kesehatan, misalnya menyebabkan gangguan tidur, cemas berlebihan, bahkan depresi.

Kehilangan Kepuasan dalam Hidup

Tidak hanya menimbulkan rasa cemas dan stres, FOMO juga dapat membuat seseorang tidak dapat merasa puas dengan hidup mereka saat ini. Penderitanya mungkin merasa bahwa mereka melewatkan pengalaman yang baik, serta tak dapat menikmati hidup mereka sekarang. Kondisi seperti ini tentu saja mempengaruhi kualitas hidup seseorang, dan membuat mereka tidak merasa puas.

Perasaan Tidak Puas

Selain membuat seseorang tidak puas dengan hidupnya, FOMO juga dapat membuat pengidapnya memiliki perasaan tidak puas. Bahkan FOMO dapat membuat seseorang merasa bahwa kehidupan orang lain jauh lebih baik daripada mereka, serta merasa tidak senang dengan diri sendiri. Hal ini dapat mempengaruhi harga diri dan kepercayaan diri seseorang, alhasil pada akhirnya FOMO akan berdampak buruk bagi kesehatan mental orang tersebut.

Mengganggu Produktivitas dan Konsentrasi

Tak banyak yang menyadari, FOMO rupanya dapat mengganggu konsentrasi seseorang dan membuat mereka sulit fokus pada tugas yang tengah dilakukan. Hal ini mungkin akan membuat mereka terus memeriksa media sosial untuk melihat apa yang sedang terjadi di dunia, maupun memikirkan pengalaman sosial yang mereka lewatkan. Kondisi seperti ini tentu saja dapat mempengaruhi produktivitas, serta kinerja seorang FOMO di tempat kerja atau di sekolah.

Picu Perilaku Negatif

Dampak negatif FOMO lainnya yaitu, picu perilaku negatif seperti penggunaan obat-obatan, konsumsi minuman beralkohol, atau perilaku berisiko lainnya. Pasalnya, seorang FOMO mungkin merasa perlu mengalami hal-hal yang tengah populer atau bergabung dengan perilaku yang dapat membahayakan kesehatan mereka.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru