Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizPemerintah Bakal Tebar Lagi Bansos Beras 10 Kg Tiap Bulan

Pemerintah Bakal Tebar Lagi Bansos Beras 10 Kg Tiap Bulan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemerintah akan kembali menebar bantuan sosial (bansos) pangan berupa beras sejumlah 10 kilogram (kg) per bulan kepada 21,35 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani mengatakan, bahwa penambahan bansos beras tersebut dilakukan atas instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Bapak Presiden telah meminta untuk kita bahkan menambahkan lagi bantuan pangan untuk masyarakat kelompok miskin,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTa, Senin (24/7) yang dikutip Holopis.com.

Bendahara negara itu menuturkan, tambahan bansos beras tersebut nantinya akan disalurkan selama 3 bulan, yakni mulai Oktober hingga Desember 2023 mendatang. Dengan demikian, total beras yang akan diterima KPM yakni 30 kg.

Adapun dari sisi anggaran, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan mengalokasikan tambahan anggaran sebesar Rp 8 triliun untuk menunjang program pemerintah yang sejatinya bertujuan untuk melindungi masyarakat tidak mampu dari guncangan ekonomi.

“Ini adalah tambahan bansos yang kita merasa memerlukan untuk diperkuat pada saat guncangan dan tekanan masih kita lihat, dan pemulihan ekonomi jangan sampai meninggalkan kelompok yang paling rentan, sehingga kita melindungi dan memperkuat kelompok yang paling rentan yaitu kelompok paling miskin,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, pemerintah sebelumnya telah menyalurkan bansos beras 10 kg beras kepada 21,6 juta KPM pada Maret-Mei 2023. Penyaluran bansos tersebut dilakukan melalui Perum Bulog.

Selain bansos beras, pemerintah juga akan menggelontorkan bansos dalam bentuk daging ayam dan telur yang bertujuan untuk menurunkan stunting. Pun untuk penyalurannya dilakukan melalui ID Food, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang pangan

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Tambah Sajian Kuliner, PT JMRB Resmi Hadirkan Gerai Eats and Co di Travoy Hub

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagai bentuk mendongkrak kebutuhan pengunjung dari...

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.

SRBI Makin Laku, Kepemilikannya Capai Rp 918,42 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat kepemilikan Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) sampai dengan tanggal 17 September 2024 telah mencapai Rp 918,42 triliun.