Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

OJK Bagi Tips Bikin Password yang Aman dan Kuat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Membuat password yang aman dan kuat untuk akun keuangan sangatlah penting. Hal itu dilakukan untuk melindungi informasi pribadi dan keuangan dari potensi peretasan dan pencurian data identitas.

Dikutip Holopis.com dari unggahan di akun Instagram resminya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membagikan tips membuat password yang aman dan kuat.

1. Minimal 8 karakter
Semakin panjang password yang dibuat, tentu akan semakin baik. Namun di satu sisi, penggunaan password yang panjang tentu akan menimbulkan risiko lupa.

OJK pun memberikan tips membuat password untuk akun keuangan Sobat Holopis, dengan jumlah sekurang-kurangnya 8 (delapan) karakter.

2. Gunakan kombinasi, huruf kecil, kapital, angka, dan simbol
Seyogianya, password yang aman dan kuat adalah pasword yang terdiri dari banyak kombinasi karakter, baik itu huruf kecil, kapital, angka ataupun simbol.

OJK pun memberikan tingkat keamanan dari kombinasi yang ada sebagai berikut :

Lemah : password yang terdiri dari kombinasi huruf kecil dan kapital saja

Sedang : password yang terdiri dari kombinasi huruf kecil, kapital dan angka

Kuat : password yang terdiri dari kombinasi huruf kecil, kapital, angka, dan simbol.

3. Jangan masukkan informasi pribadi
Hal yang perlu Sobat Holopis ingat saat membuat password adalah jangan memasukkan informasi pribadi, seperti memasukkan nama atau tanggal lahir maupun tanggal nikah sebagai kombinasi password.

4. Hindari urutan huruf dan angka
Hal lain yang harus Sobat Holopis perhatikan saat membuat password adalah menghindari penggunaan huruf maupun angka yang berurutan. Misalnya a-b-c atau 1-2-3.

5. Bedakan password tiap akun
Untuk menjaga keamanan akun, OJK mengimbau Sobat Holopis untuk membedakan password dari tiap-tiap akun keuangan.

Dalam unggahan lainnya, OJK pun turut membagikan 10 pasword yang sering digunakan orang Indonesia. Berikut daftar 10 password tersebut :

123456
12345678
password
12345
bismillah
@Nandar001
123456789
coba12345
moons21
123

Apabila password yang Sobat Holopis sama dengan 10 password di atas, OJK mengimbau untuk segera menggantinya dengan password baru.

“Jika sama dengan passwordmu, buruan diganti ya! Jangan lupa untuk ubah password secara berkala demi keamanan akun keuanganmu,” tulis OJK dalam keterangannya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Daftar iPhone yang Masih Kebagian iOS 18, Ada Punyamu?

Apple kembali menghadirkan inovasi terbaru melalui iOS 18. Sistem operasi ini membawa segudang fitur menarik yang membuat pengalaman pengguna iPhone semakin seru.

Roy Minta Kepala BSSN dan Budi Arie Dicopot Usai Data Ditjen Pajak Jebol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pakar telematika, Roy Suryo merasa geram...

Teguh Sebut Data Ditjen Pajak yang Dijual Bjorka ada Nama Jokowi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Konsultan keamanan siber sekaligus pendiri Ethical...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru