HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dalam menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-78, pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara RI (Kemensetneg) telah menyosialisasikan slogan dan logo HUT RI Ke-78.

Logo tersebut merupakan hasil proses penyaringan yang dilakukan, oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI).

Lalu, tersaring 10 logo kandidat rancangan para desainer anggota ADGI. Kemudian, disaring lagi menjadi 5 logo kandidat akhir untuk dipilih PresidenJoko Widodo (Jokowi).

Akhirnya, Jokowi memilih logo rancangan dari Katarina Monika yang akan digunakan sebagai logo HUT Ke-78 Kemerdekaan RI.

Dikutip Holopis.com, Minggu (23/7) dari Pedoman Identitas Visual 78 Tahun Kemerdekaan RI oleh Kemensetneg mencerminkan rasa tegas, stabil, lugas, kesatuan.

Kemudian, logo tersebut memiliki makna meneruskan laju pertumbuhan secara kolektif, mendorong seluruh elemen bangsa untuk memiliki sifat tanggung jawab bersama, bergerak secara harmoni menuju Indonesia Maju.

Berikut ini penjabaran makna elemen di logo HUT RI ke-78 :

1. Estafet
Terdapat pada garis padat horizontal menggambarkan layaknya seperti olahraga estafet yang kolektif, melibatkan setiap elemen-elemen bangsa untuk bergotong royong menuju Indonesia Maju.

2. Terus Melaju
Angka 7 berbentuk arah panah ke atas, artinya panah ke atas bergerak secara progresif menuju Indonesia Maju

3. Pancasila
Terbentuk dari 5 garis melengkung, berdasarkan nilai-nilai yang ada dalam Pancasila

4. Tanggung Jawab Bersama
Perpaduan antara elemen garis padat dan garis-garis melambangkan bentuk solid dari lambang tujuan yang sama, beralih menjadi garis-garis bermakna latar belakang Negara Republik Indonesia yang beraneka ragam. Ekspresi rasa tanggung jawab bersama selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, menuju Indonesia Maju.

5. Keberlanjutan
Perpaduan antara elemen garis padat dan garis yang tidak terputus menggambarkan pembangunan bangsa dan negara yang adil, makmur dan sentosa.

6. Globalisasi
Bagian yang berbentuk bulat yang ditampilkan oleh angka 8 mempresentasikan pola pikir global yang berarti kemajuan pembangunan untuk kesejahteraan rakyat, memproduksi Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul menuju parade terdepan panggung dunia.

Setelah mengetahui filosofi-makna dari logo HUT RI ke-78, terdapat juga aturan-aturan penggunaan logo HUT RI ke-78 dalam Pedoman Identitas Visual 78 Tahun Kemerdekaan RI oleh Kemensetneg. Berikut isi pedoman tersebut.

Penggunaan Logo HUT RI ke-78 dan Aturannya :

Logo harus selalu ditampilkan dengan tepat dan konsisten. Orientasi, warna, dan komposisi harus mengikuti aturan pedoman logo, tanpa pengecualian. Ada beberapa hal yang tidak diperbolehkan dalam penggunaan logo HUT RI ke-78.

1. Dilarang meletakan logo pada area foto yang ramai
2. Dilarang meletakan logo pada area foto yang tidak kontras
3. Dilarang mengubah orientasi logo selain horizontal
4. Dilarang mengubah proporsi logo
5. Dilarang mengubah komposisi warna logo
6. Dilarang mengubah warna logo di luar palet warna
7. Dilarang menambahkan efek bayangan pada logo
8. Dilarang menampilkan logo dalam bentuk garis
9. Dilarang mengubah komposisi logo
10. Dilarang memasukkan foto atau pola ke dalam logo
11. Dilarang menempatkan logo terlalu dekat dengan logo lainnya
12. Dilarang mengubah warna logo menjadi gradasi
13. Dilarang menambahkan efek apapun pada logo
14. Dilarang mengubah jenis huruf pada logo.

Jika Sobat Holopis sudah mengerti makna dan aturan penggunaan logo HUT RI ke-78, bisa langsung download disini.