HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dalam peringatan Hari Anak Nasional 2023, menurut Komnas HAM masih banyak PR (Pekerja Rumah) yang besar dalam penyelesaian permasalahan anak yang terjadi di Indonesia.

Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan Komnas HA, Putu Elvina mengatakan Komnas HAM terus mendorong agar pemenuhan hak-hak terhadap anak bksa lebih terjamin lagi.

“Setiap tanggal 23 Juli, bangsa Indonesia memperingati Hari Anak Nasional. Namun Indonesia masih dihadapkan pada pekerjaan rumah yang besar untuk menyelesaikan berbagai permasalahan anak,” katanya dalam sebuah video yang dikutip Holopis.com, Minggu (23/7).

Putu menjelaskan, masalah pemenuhan hak anak masih banyak yang jadi sorotan. Seperti,  kasus kekerasan hingga perkawinan anak.

“Namun Indonesia masih dihadapkan pada pekerjaan rumah yang besar untuk menyelesaikan berbagai permasalahan anak, seperti kekerasan, stunting, perkawinan anak, anak berhadapan hukum, dan lain sebagainya,” jelasnya.

Oleh karena itu, Komnas HAM mengajak seluruh pihak ikut serta dalam mengupayakan lingkungan dan pola asuh yang layak bagi anak.

“Pada momen ini Komnas HAM ingin mengajak seluruh elemen bangsa untuk berperan menjadi garda terdepan dalam mengupayakan lingkungan dan pola asuh yang layak bagi anak untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan menjamin adanya penghormatan, pelindungan, dan pemenuhan hak-hak anak Indonesia guna mewujudkan generasi yang tangguh dan berkualitas,” katanya.

“Sekali lagi, selamat Hari Anak Nasional 2023. Anak terlindungi, Indonesia maju,” pungkas Putu.