HOLOPIS.COM, JAKARTA – Olahraga Fullball yang berasal dari Indonesia, mulai mendapat tempat di Taiawan. Terbukti, sejak diperkenalkan olahraga ini mendapat respon positif  khususnya di kalangan mahasiswa.

Bahkan, salah satu universitas di Taiwan yaini Tamkang University menggelar kompetisi Fullball antarkampus pertama pada Mei 2023.

“Kami sangat bersemangat untuk menjadi bagian dari gerakan Fullball ini. Ini bukan hanya tentang bermain olahraga, tetapi juga tentang merayakan keragaman dan inklusi, yang merupakan inti dari olahraga Fullball,” ujar ketua Persatuan Pelajar Indonesia di Taiwan, Mary dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Minggu (23/7).

Sebagai informasi, Fullball merupakan jenis olahraga bola besar yang lahir di Indonesia yang ditemukan oleh Rizky Arief Dwi Prakoso dan kawan-kawan. Olahraga ini bisa dikatakan gabungan dari beberapa olahraga  yakni sepakbola  futsal dan basket.

Cara melakukannya, para pemain yang terdiri dari dua tim dengan masing – masing-masing tim berjumlah 5 pemain bisa mengontrol bola dengan kaki dan memegangnya dengan tangan.

Kelima pemain masing-masing bertindak sebagai hustler sebagai penjaga gawang atau target, midlane bertugas membantu hustler untuk bertahan, sidelane yang berada di posisi depan, serta pemain depan untuk mencetak poin.

Objektif utama dari olahraga ini adalah mencetak poin sebanyak-banyaknya yang dapat dilakukan dengan 2 cara. Mengenai Target Fullball atau Menjebol Gawang.