Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Benarkah Mendengarkan Musik bisa Meredakan Stres? Simak Faktanya !

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Terdapat berbagai jenis musik yang bisa didengarkan sesuai selera dan diyakini dapat mempengaruhi perasaan seseorang. Nyatanya, tidak hanya itu saja manfaat mendengarkan musik. Lebih dari itu, mendengar musik rupanya juga baik bagi kesehatan salah satunya yaitu dengan meredakan stres secara efektif.

Hal ini karena, mendengarkan musik yang disukai dipercaya dapat memperbaiki mood jauh lebih baik. Mendengar musik juga memiliki efek yang sangat menenangkan bagi pikiran dan tubuh, terutama musik yang berirama lambat dan menenangkan. Adapun jenis musik seperti ini memiliki efek positif pada fungsi fisiologis, tak hanya itu musik juga dapat menurunkan tekanan darah serta menyeimbangkan tingkat hormon stres.

Simak penjelasan berikut ini guna mengetahui lebih banyak manfaat mendengarkan musik, serta bagaimana cara musik bekerja menurunkan stres. Seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Halodoc, Jumat (21/7).

Cara Musik Menurunkan Stres

Stres merupakan kondisi yang sama sekali tidak boleh dianggap sepele sama sekali. Pasalnya, bila dibiarkan terus-menerus hal ini justru dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan kesehatan. Untuk menurunkan risiko stres, anda juga dapat mendengarkan musik kesukaan, atau memainkan alat musik yang digemari. Tidak perlu memainkan alat musik yang rumit, cukup yang anda sukai atau bisa memberi rasa bahagia. Tak hanya sebagai pereda stres, nyatanya musik juga diketahui dapat menjadi pengalih perhatian sekaligus mengeksplorasi emosi.

Artinya, manfaat mendengarkan musik bisa menjadi sarana meditasi dan membantu agar pikiran tetap fokus. Adapun preferensi musik sangat bervariasi, hal ini bisa bervariasi tergantung masing-masing personal. Misalnya, ada orang yang nyaman bila mendengarkan genre pop, tapi ada juga yang nyaman mendengar musik klasik. Meski musik rock dapat menjadi sarana relaksasi bila memang seseorang nyaman mendengarnya, namun hal ini sedikit berbeda sensasinya pasalnya musik rock lebih menyalurkan emosi negatif dan agresif bagi pendengarnya.

Lantas kapan waktu terbaik mendengarkan musik untuk meredakan emosi? Berikut ini beberapa waktu yang tepat dan baik untuk mendengarkan musik:

1. Pagi hari, mendengar musik pada waktu pagi dapat membangun mood yang oke selama seharian beraktivitas. Apalagi bila ditambah dengan penggunaan headset, sehingga seolah membawa musik masuk ke pikiran dan hati anda. Tak hanya itu, cara mendengarkan musik juga menjadi penentu seberapa dalam efek musik tersebut meredakan stres yang anda alami.

2. Di perjalanan, anda dapat mendengarkan musik di tengah perjalanan menuju kantor atau tempat beraktivitas. Hal ini akan membantu mengurangi stres, bahkan dapat meningkatkan produktivitas. Selain itu, bila mendengarkan musik sambil bernyanyi hal ini bisa memberikan pelepasan ketegangan yang lebih hebat dan menenangkan diri.

3. Bersama teman, untuk meredakan stres anda bisa mengajak teman untuk mendengarkan musik kesukaan sambil karaoke bersama. Hal ini diketahui berdampak positif, karena dapat berbagi emosi, perasaan, dan empati. Selain itu, bernyanyi di karaoke juga bisa menjadi salah satu stres dalam bentuk dukungan sosial.

4. Sebelum tidur, nyatanya mendengarkan musik sebelum tidur diketahui dapat membantu melepaskan tekanan setelah beraktivitas seharian sehingga risiko stres pun bisa terhindari. Namun, perlu diingat sebaiknya mendengarkan musik di malam hari dilakukan secukupnya jangan sampai mengganggu waktu tidur.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru