AHY Ungkap Biang Kerok Kemunduran Demokrasi di Indonesia

AHY
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). [Foto : Fisipol UGM]

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkap adanya kemuduran pada demokrasi di Indonesia. Salah satu bentuk kemunduran itu adalah kebebasan berbicara.

“Banyak yang takut bicara sekarang. Bukan hanya aktivis, mahasiswa, tapi juga ASN, TNI, Polri, guru, termasuk ulama, takut bicara,” kata AHY dalam Forum Leadership Fisipol UGM, Kamis (20/7) yang dikutip Holopis.com.

Padahal menurut AHY, demokrasi merupakan syarat penting bagi suatu negara, khususnya negara berkembang seperti Indonesia untuk naik kelas menjadi negara maju.

“Demokrasi ini bukan hanya menjadi buzz word, tetapi yang benar-benar harus bisa menjamin apakah Indonesia bisa semakin maju negaranya dan bisa semakin sejahtera rakyatnya,” ucapnya.

Lebih lanjut, putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu pun mengajak para generasi muda untuk lebih berani lagi dalam berbicara di muka publik.

Sebab menurutnya, kebebasan berbicara merupakan nafas dari demokrasi itu sendiri.

“Demokrasi harus diselamatkan, dan itu semua membutuhkan keberanian kita semua, khususnya generasi muda untuk speak out dan stand out,” pungkas AHY.

Exit mobile version