HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sutradara Film Wonka, Paul King telah memilih aktor berkebangsaan Inggris Hugh Grant untuk memerankan Oompa Loompa, salah satu pekerja bertubuh kecil dalam film itu. Hal ini dikarenakan King beranggapan bahwa nama belakang ‘Grant’ sendiri mengandung arti yang “sarkastik” dan sangat cocok dengan karakter pekerja kecil untuk Willy Wonka.

Dalam sebuah wawancara, King menjelaskan keputusan castingnya untuk Hugh Grant adalah karena aktingnya yang menawan dan lucu dalam beberapa film komedi romantis seperti Notting Hill, About A Boy, dan Love Actually.

King sebelumnya pernah bekerja sama dengan Grant saat memberinya peran sebagai penjahat di film Paddington 2. King menjelaskan bahwa dia membaca buku-buku Roald Dahl untuk mendapatkan inspirasi, tetapi menemui dialog yang sangat jarang untuk Oompa Loompas.

Namun, lagu-lagu yang ditulis Dahl untuk mereka sangat sarkastik, yang membuat sutradara memikirkan Grant. Terlepas dari resumenya yang menggetarkan hati, menurut King, Hugh Grant adalah “orang paling lucu, paling sarkastik yang pernah ia temui” dan, oleh karena itu, sangat cocok untuk memainkan pria miniatur yang sama-sama sinisnya.

Film Wonka ini sendiri diatur untuk menjadi prekuel dari film Charlie and the Chocolate Factory karya Roald Dahl, dan mengeksplorasi bagaimana “Willy menjadi Wonka,” seperti yang diceritakan dalam trailer film tersebut.

Film ini bertabur bintang, termasuk di antaranya Timothée Chalamet sebagai sang pembuat cokelat Willy Wonka. King menjelaskan keputusan untuk memilih Chalamet, dengan mengatakan bahwa ia memiliki kemampuan akting yang luar biasa.

“Saya benar-benar berpikir dia adalah aktor paling luar biasa di generasinya, karena dia memiliki kemampuan luar biasa untuk menyelami jauh ke dalam emosi pribadinya dan menyampaikan hal-hal dengan pergantian mata, dia sangat, sangat terkendali, sangat cerdas, dan sangat intuitif secara emosional,” papar King seperti dikutip Holopis.com, Minggu (15/7)

Ketika ditanya apakah Chalamet dapat mengisi posisi Gene Wilder dan Johnny Depp, King menjawab bahwa Timothée Chalamet lebih dari sekadar hidup sesuai dengan pendahulunya tersebut.

“Saya pikir dia berhasil membawa kekacauan dan kenakalan semacam itu tetapi dengan landasan emosional yang dalam, yang benar-benar luar biasa,” kata King.

Trailer yang telah dirilis untuk film tersebut menunjukkan kisah perjalanan Chalamet sebagai Willy untuk menjadi pembuat cokelat eksentrik yang terkenal di dunia, berkeliling dunia dan menyempurnakan keahliannya.

Dia memimpikan sebuah etalase yang menampilkan namanya dengan lampu warna-warni, dan menetapkan pendiriannya untuk mencapai impian itu. Wonka terlihat bereksperimen dengan permen pseudo-magisnya, bahkan membagikan beberapa “hoverchocs”, yang membuat konsumen melayang.

Trailer tersebut juga menampilkan Hugh Grant sebagai Oompa Loompa yang kocak, terperangkap di dalam stoples, yang memainkan melodi ikonik dari film asli Gene Wilder dengan serulingnya.

Sekedar untuk diketahui, Chalamet dan Grant bergabung dengan orang-orang seperti Keegan Michael-Key, Rowan Atkinson, Olivia Colman, dan Sally Hawkins dalam film ini yang akan rilis pada 15 Desember 2023.