Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Kemenag Terbitkan Sertifikat Haji Gratis Bagi Seluruh Jemaah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur Bina Haji Kementerian Agama (Kemenag), Arsad Hidayat mengatakan, bahwa pihaknya akan memberikan sertifikat kepada seluruh jamaah yang menunaikan ibadah haji di tahun 2023 ini.

Pemberian sertifikat haji secara gratis itu, kata Arsad, sesuai dengan arahan Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas.

“Sesuai dengan arahan dari Bapak Menteri Agama bahwa tahun ini seluruh jamaah haji yang berangkat akan mendapatkan sertifikat haji baik mereka yang haji sendiri ataupun mereka yang badal haji,” katanya dalam keterangan resmi yang dikutip Holopis.com, Minggu (16/7).

Arsad menyebut, pemberian sertifikat haji ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan Kemenag dalam penyelenggaraan ibadah haji.

“Sepanjang yang kami ketahui ini pertama ya. Jadi ini yang pertama, di periode sebelumnya kita belum pernah,” ujarnya.

Adapun sertifikat haji gratis tersebut dapat diambil oleh para jemaah setelah tiba di Tanah Air.

Pihaknya pun telah meminta seluruh kanwil Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag di tingkat provinsi untuk menyampaikan kepada Kepala Kemenag Kabupaten dan Kota, untuk mencetak sertifikat tersebut berdasarkan asal domisili.

Hal itu dimaksudkan untuk mempermudah para jemaah dalam memperoleh serifikat haji tersebut.

“Jamaah dari Kabupaten Bekasi tidak perlu ke kanwil provinsi yang ada di Bandung. Begitu juga jamaah di Kabupaten Banjarnegara tidak perlu ke Semarang tinggal berkomunikasi dengan masing-masing Kemenag Kabupaten Kota, InsyaAllah itu bisa langsung dicetak,” jelas dia.

Kemudian bagi jamaah yang wafat dan hajinya dibadalkan, lanjut Arsad, akan mendapatkan dua sertifikat haji yakni, sertifikat badal haji dan sertifikat haji.

“Jadi kalau nanti yang badal haji di samping mereka mendapatkan sertifikat bahwa mereka dibadalhajikan juga mendapatkan sertifikat haji. Jadi dua sertifikat,” ucapnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Gus Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bertemu...

Kemenag Tegaskan Tidak Ada Jual Beli Kuota Haji

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Isu jual beli kuota haji menjadi...

DPR Puji Haji Tahun 2024, Alhamdulillah Banyak Dapat Pujian Positif

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru