Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Anies Baswedan Tuding Dunia Pendidikan Sering Jadi Bidikan Proyek

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Anies Baswedan menuding kondisi pendidikan di Indonesia saat ini masih sangat carut marut dan sibuk dengan permainan proyek.

Mantan Mendikbud yang dipecat oleh Presiden Jokowi itu berbicara pada Jumat (14/7), pemerintah lebih sibuk mengurus kurikulum dan bukan pada SDM atau tenaga pendidiknya.

“Karena kepemimpinannya itu yang menentukan kualitas sebuah sekolah,” kata Anies saat berbicara di sebuah diskusi seperti dikutip Holopis.com, Sabtu (15/7).

Sehingga, ladang pendidikan kemudian hanya menjadi Bancakan proyek dan sebatas sibuk mengutak-atik kurikulum tanpa memperhatikan tenaga pendidik.

“Tapi yang kita sering kotak-katik itu bukunya, kurikulumnya, proyek, proyek, proyek, proyek,” tukasnya.

Siklus yang terjadi di pemerintahan termasuk ketika dirinya menjadi Mendikbud adalah banyak tenaga pendidik yang kehidupannya sangat pas-pasan.

Akibatnya, konsentrasi para tenaga pendidik tersebut menjadi berantakan karena terbelah menjadi dua termasuk untuk kehidupannya.

“Satu, gurunya bisa konsentrasi ngajar. Kalau pendapatan dia hanya cukup buat hidup 15 hari, ya 15 hari kemudian dia kesulitan. Jadi pendapatan dia harus cukup, kesejahteraan guru harus baik sehingga dia bisa fokus pada mengajar,” tuturnya.

“Kalau nggak ngajar sambil les, yang nggak ikut les nilainya jelek, gitu kira-kira toh? Jadi ini siklus yang bermasalah,” lanjutnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kemendikbudristek Berhasil Turunkan Disparitas Akses Pendidikan Selama Satu Dekade

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kemendikbudristek berhasil turunkan disparitas akses pendidikan...

Kemendag dan Kemdikbudristek Kembali Buka Program Magang Penggerak Muda Pasar Rakyat 2024

Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) kembali membuka program magang bersertifikat Penggerak Muda Pasar Rakyat (PMPR) 2024.

Heru Budi Hartono dan Dinas Kesehatan Pantau Langsung Uji Coba MGB di Sekolah SD Jaksel

Penjabat (Pj) Gubernur Daerah Khusus Jakarta, Heru Budi Hartono mengunjungi SDN Gunung 01, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Selasa (3/9).
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru