Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizWaduh! 58 Proyek Jagoan Jokowi Belum Digarap, Berpotensi Mangkrak?

Waduh! 58 Proyek Jagoan Jokowi Belum Digarap, Berpotensi Mangkrak?

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) menyampaikan, bahwa terdapat 58 proyek unggulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) atau Proyek Strategis Nasional (PSN) yang sampai saat ini belum digarap.

Ketua Tim Pelaksana KPPIP, Wahyu Utomo mengatakan, bahwa 58 proyek tersebut saat ini masih masuk dalam daftar PSN. Namun ia tak menutup kemungkinan untuk mengeluarkan puluhan proyek tersebut dari daftar PSN.

“Ya kan masih belum diapa-apain, pokoknya sekarang ini kan belum ada yang dilepas, belum ada, kita nggak tahu, makanya minggu depan saja tunggu daripada salah, minggu depan aja, sabar,” kata Wahyu dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (13/7).

Adapun 58 proyek tersebut di antaranya, yakni proyek MRT East-West rute Cikarang-Balaraja, kereta api semi cepat Jakarta-Surabaya, Pelabuhan New Ambon, ruas-ruas tol yang menjadi bagian dari Tol Trans Sumatera, Tol Bocimi yang mau diteruskan sampai Sukabumi, hingga Tol Getaci.

Wahyu pun mengakui, bahwa tidak mungkin semua proyek tersebut bisa selesai secara fisik. Namun berdasarkan arahan Presiden Jokowi, setidaknya masalah pembiayaan, pembebasan lahan dan perizinan telah terselesaikan, sehingga proyek-proyek tersebut tidak mangkrak.

“Masih terus didorong ini semua. Kalau memang benar-benar itu pertama tidak bisa tercapai, ya monggo Bapak Presiden yang memutuskan (apakah akan dikeluarkan dari PSN), itu kan hak beliau, bukan saya yang jawab,” kasihnya.

Wahyu menyebut semua PSN berpotensi dihapus dari daftar seperti yang telah dilakukan pemerintah sejak 2018. Lagi pula itu hanya dikeluarkan dari PSN, bisa saja proyeknya diteruskan tetapi tidak sebagai PSN.

“Kebutuhan mendesaknya tidak ada, jadi masih dilakukan. Pembiayaannya mungkin kita bicarakan kembali kalau pemerintah daerah merasa perlu, yaudah pemerintah daerah ayo dong mungkin bisa dengan biaya dari daerah. Karena pemerintah ini prioritasnya bergerak terus kan,” jelasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

IHSG Diproyeksi Menguat, Bakal Cetak Rekor Lagi?

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya memproyeksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini bakal menguat pada rentang 7.878—7.957.

Tambah Sajian Kuliner, PT JMRB Resmi Hadirkan Gerai Eats and Co di Travoy Hub

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagai bentuk mendongkrak kebutuhan pengunjung dari...

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.