BerandaNewsEkobizMendag Sebut Kebijakan Antideforestasi Bikin Indonesia Rugi Rp89,7 Triliun

Mendag Sebut Kebijakan Antideforestasi Bikin Indonesia Rugi Rp89,7 Triliun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kebijakan antideforestasi yang diberlakukan Uni Eropa menjadi pil pahit bagi Indonesia. Pasalnya, kebijakan tersebut membuat Indonesia berpotensi kehilangan nilai perdagangan sekitar US$6 miliar atau setara dengan Rp89,7 triliun.

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan alias Zulhas mengatakan, bahwa kebijaka tersebut sangat mengganggu dan diskriminatif. Sebab, aturan tersebut ditujukan untuk komoditas yang menjadi unggulan Indonesia.

“Kita bisa cek produk-produk yang terkait itu nilainya hampir US$6 miliar, itu kita bisa kehilangan” kata Zulhas dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (14/7).

Ke depan, lanjut Zulhas, Indonesia berencana untuk menggugat Uni Eropa atas diberlakukannya kebijakan antideforestasi tersebut.

Penerbit Iklan Google Adsense

Indonesia juga akan mengajak negara-negara yang bernasib sama untuk menggugat aturan tersebut. Menurutnya, Indonesia berhak untuk menggugat Uni Eropa.

“Itu sangat diskriminatif. Oleh karena itu, kita akan melakukan perlawanan, nanti berunding, tentu mengajak negara-negara yang punya kesamaan, seperti Malaysia” ujarnya.

Sejalan dengan Zulhas, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebut kebijakan Antideforestasi yang dijalankan eropa tersebut berpotensi membawa kerugian bagi Indonesia hingga US$7 miliar atau setara Rp104 triliun.

“Potensi kerugian bisa sampai USD 7 miliar tapi kalau mereka bisa menerapkan standar, jadi kita bisa ada kesepakatan itu tetap bisa berjalan,” kata Airlangga, Kamis (13/7).

Sebagaimana diketahui, Uni Eropa telah mengesahkan Undang-Undang Antideforestasi atau European Union Deforestation-Free Product Regulation (EUDR) pada 19 April 2023 dan resmi berlaku 16 Mei 2023.

Regulasi ini mengatur perdagangan komoditas bebas deforestasi, yakni kelapa sawit, karet, kopi, kedelai, kakao, daging sapi, dan kayu, serta produk turunannya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

IHSG Gacor Jelang Akhir Pekan, Didorong Saham-saham Teknologi

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7).

Kemenkeu Masih Bahas Rencana Pajaki Barang Impor China 200%

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku tidak mau terburu-buru untuk menerapkan tarif pajak atau bea masuk impor barang dari China hingga 200 persen.

IHSG Jelang Akhir Pekan, Bakal Kembali Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi rawan profit taking pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7), setelah ditutup menguat pada Kamis (4/7) kemarin.

Harga Emas Antam Naik Lagi, Cek Rincian Harganya

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Jumat 5 Juli 2024.

IHSG Dibuka Perkasa di Zona Hijau, Kuat Sampai Akhir?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 27,83 poin atau 0,39 persen ke posisi 7.248,72 pada awal perdagangan hari ini, Jumat (5/7).

Jelang Akhir Pekan, Harga Emas di Pegadaian Ramai-ramai Naik

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan menjelang akhir pekan, yakni pada hari Jumat 5 Juli 2024.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS