HOLOPIS.COM, JAKARTA – Memiliki leher yang tampak menghitam akibat daki memang cukup mengganggu penampilan. Kondisi ini membuat banyak orang ingin mengetahui bagaimana cara menghilangkan daki di lehernya, biasanya leher menghitam karena daki disebabkan oleh kebersihan tubuh yang kurang terjaga ataupun masalah kesehatan tertentu.

Leher menghitam disebut juga dengan akantosis nigrikans, yaitu kondisi ketika kulit menjadi lebih gelap dan tebal. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, menghitamnya leher disebabkan kotoran menumpuk maupun paparan sinar matahari berlebih menyebabkan hiperpigmentasi. Selain itu, kadar insulin yang tinggi juga dapat merangsang aktivitas sel kulit yang memproduksi melanin (pigmen kulit) dan menyebabkan perubahan warna kulit menjadi lebih gelap.

Beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi terjadinya akantosis nigrikans yaitu, prediabetes/diabetes, gangguan hormon, obesitas atau penggunaan obat-obatan (pil KB, kortikosteroid, niacin, dan sebagainya). Oleh karena itu, simak penjelasan berikut ini guna mengetahui cara menghilangkan daki di leher yang menghitam. Seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Siloam Hospitals, Kamis (13/7).

1. Rajin/Rutin Membersihkan Leher saat Mandi

Langkah sederhana yang sangat mudah dilakukan guna menghilangkan daki leher adalah, membersihkan leher setiap mandi. Penumpukan daki pada leher sering kali terjadi, terutama leher bagian belakang lantaran kerap luput dari perawatan. Usahakan untuk selalu membersihkan area leher dengan menggosoknya menggunakan tangan atau alat khusus secara menyeluruh setiap kali mandi, guna menghindari penumpukan daki dan menjaga kulit leher tetap cerah. Hal ini perlu dilakukan agar, kotoran yang menumpuk bisa hilang.

2. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Perlu diketahui, kadar insulin tinggi akibat diabetes atau obesitas juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi, terutama di daerah lipatan kulit seperti leher belakang. Agar dapat teratasi, penderita disarankan melakukan pengobatan sesuai anjuran dokter guna mengendalikan kadar gula darah dan diimbangi dengan menjalankan gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga dan mengatur pola makan. Adapun, menjaga berat badan tetap idel akan sangat membantu seseorang mengontrol kadar gula darah normal dalam tubuh, serta mencegah terjadinya akantosis nigrikans sehingga kulit tubuh tetap terlihat cerah.

3. Rutin Eksfoliasi

Berikutnya, cara untuk menghilangkan daki di leher yaitu rutin melakukan eksfoliasi. Sama halnya dengan eksfoliasi wajah, langkah ini juga berguna untuk mengangkat daki akibat tumpukan sel-sel kulit mati di leher yang menghitam dan membuatnya kembali cerah. Langkah melakukannya, oleskan terlebih dahulu scrub ke leher, pijat secara perlahan dengan gerakan memutar selama 30 detik, kemudian bilas dengan air hangat. Perlu diingat, hindari melakukan eksfoliasi ketika kulit sedang terluka ataupun terbakar akibat matahari.

4. Segera Keringkan Leher bila Berkeringat

Ketika beraktivitas, leher merupakan salah satu bagian tubuh yang paling banyak keluarkan keringat. Apalagi jika anda melakukan aktivitas di luar ruangan dengan paparan sinar matahari secara langsung, agar supaya tidak terjadi penumpukan daki pada leher akibat keringat. Langkah yang perlu dilakukan yaitu, usahakan untuk selalu mengusap leher ketika berkeringat, selalu siapkan tisu atau handuk kecil kemanapun anda hendak beraktivitas fisik.