Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

Banjir dan Longsor Melanda Sejumlah Desa di Bolaang Mongondow Timur

HOLOPIS.COM, SULUT – Bencana banjir merendam pemukiman warga di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Provinsi Sulawesi Utara.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Boltim, Elfis Siagian mengatakan, sejumlah desa yang terdampak bencana banjir antara lain Desa Nuangan 1, Molobog, Motongkad, dan Jiko di Kecamatan Nuangan.

“Petugas di lapangan masih melakukan pendataan jumlah korban terdampak, namun belum ada informasi korban jiwa,” kata Elfis dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (12/7).

“Tidak ada laporan korban jiwa sejauh ini, hanya ada satu ternak sapi yang mati,” sambungnya.

Elfis juga menjelaskan, bencana banjir dan tanah longsor yang kerap terjadi di wilayahnya diakibatkan intensitas curah hujan yang tinggi, meluapnya air sungai karena terbatasnya kapasitas tampung sungai, belum tersedianya bangunan tanggul pengendali banjir, belum dibuatnya tanggul penahan tanah dan terganggunya daerah resapan air di bagian hulu dan sepanjang aliran sungai akibat pertambangan emas dan alih fungsi lahan.

Akibat banjir dan longsor ini jalan Nasional yang melintasi wilayah tersebut sempat terputus, namun telah dilakukan pembersihan oleh petugas dan sudah dapat dilewati kendaraan kembali.

Petugas juga terus berkoordinasi dengan dinas terkait untuk melakukan penanganan darurat khususnya untuk pembersihan material longsor dan pohon tumbang.

“Ada satu jalan yang masih dilalakukan penanganan, yakni di jalan Lanud di Kecamatan Modayag,” imbuhnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

4 Khasiat Pare, Pahit Tapi Baik untuk Tubuh

Pare, atau yang sering disebut juga sebagai peria, adalah sayuran yang dikenal dengan rasa pahitnya yang khas.

4 Alasan Bahaya Sentuh Sembarangan Bayi di Tempat Umum

Selebtok Jennifer Coppen melarang anak perempuannya, Kamari Sky Wassink disentuh oleh penggemarnya di tempat umum.

Khasiat Biji Nangka, Nomor 5 Wajib Dicatat Ciwi-ciwi!

Biji nangka, yang seringkali dianggap sebagai sampah dan dibuah setelah mengonsumsi buah nangka.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru