Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Kenali 4 Efek Samping Kebanyakan Makan Durian

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Memiliki aroma tajam dan rasa yang nikmat, membuat durian menjadi salah satu buah favorite banyak orang. Oleh karena itu, bagi penggemar durian memakan buah yang satu ini sangat disayangkan bila dilewatkan kesempatanya.

Namun, perlu diketahui dan diwaspadai pasalnya memakan durian terlalu banyak justru berisiko menimbulkan bahaya kesehatan. Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut apa saja efek makan durian bila terlalu banyak dikonsumsi, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Hellosehat, (12/7).

Mabuk Durian

Perlu diketahui, durian kerap disebut-sebut mengandung nyatanya tidak ada sama sekali kandungan alkohol dalam buah ini. Walaupun begitu, durian memang memabukkan namun makan durian tidak membuat anda menjadi lupa diri atau hilang kesadaran seperti mabuk minuman keras. Tetapi makan durian terlalu banyak, membuat tubuh mendapat asupan gula berlebih yang berasal dari kandungan gula alami pada durian yaitu sukrosa dan fruktosa. Adapun gula berlebih yang tidak dapat lagi dipecah oleh tubuh akan menumpuk di usus, sehingga di dalam usus gula akan mengalami fermentasi dan menghasilkan banyak gas yang membuat perut kembung. Tak hanya perut kembung, ketika anda mabuk durian hal ini akan membuat perut terasa sangat begah, nyeri, atau bahkan kram hal-hal inilah yang dapat menimbulkan mual dan ingin muntah.

Menyebabkan Tubuh Panas

Berikutnya, efek samping terlalu banyak mengkonsumsi durian yaitu tubuh terasa panas seperti terbakar. Adapun kondisi ini dapat terjadi bila durian dimakan secara berlebihan dan terus-menerus, penyebabnya sendiri diduga berasal dari kandungan sulfur di dalam buah durian. Menurut riset Food chemistry (2014) yang menyelidiki apakah sulfur dalam durian punya efek penghangat tubuh sebagaimana kandungan TRPA1 dan TRPV1 dalam bawang putih. Hasilnya dapat disimpulkan bahwa, memang terdapat efek pemanasan tubuh dari makan durian seperti ketika makan rempah-rempah.

Memicu Kegemukan

Bagi orang yang sedang menjalankan diet guna menjaga berat badan mengkonsumsi durian mungkin bukalah keputusan yang tepat. Pasalnya, kandungan kalori dan karbohidrat dalam durian terbilang sangat tinggi yaitu satu kilogram buah ukuran sedang mengandung kalori 1.470 kkal. Artinya, asupan kalori dari satu durian utuh saja sudah mencukupi hampir 58% kebutuhan kalori harian tubuh.Asupan kalori berlebih yang tidak disertai pembakaran kalori yang cukup dapat meningkatkan resiko kegemukan atau obesitas. Dan bila memiliki berat badan berlebih, serta tidak terkontrol hal ini dapat memicu anda terserang penyakit degeneratif, seperti stroke, alzheimer, hingga gagal jantung.

Meningkatkan Resiko Diabetes

Patut diwaspadai, baik bagi pasien diabetes maupun orang yang berisiko tinggi diabetes sebaiknya lebih hati-hati dalam memakan buah durian. Pasalnya, kebanyakan makan durian justru dapat memperparah gejala diabetes atau memicu diabetes. Selain itu, durian mengandung gula sederhana seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang cepat diserap oleh tubuh sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Alhasil kadar gula darah yang tinggi (hiperglikemia) yang terus-menerus naik, bisa berujung pada diabetes.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

Berita Terbaru