Rabu, 18 September 2024
Rabu, 18 September 2024

Hari Koperasi Indonesia Diperingati Setiap Tanggal 12 Juli, Begini Sejarahnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Koperasi Nasional diperingati pada tanggal 12 Juli setiap tahunnya. Terdapat sejarah di balik pemilihan tanggal 12 sebagai hari peringatan organisasi ekonomi yang berasaskan kekeluargaan itu.

Mengutip laman resmi Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Rabu (12/7), cikal bakal peringatan Hari Koperasi Nasional bermula saat gerakan koperasi mengadakan kongres koperasi untuk pertama kalinya di Tasikmalaya, Jawa Barat pada 12 Juli 1947 silam.

Sejarah Hari Koperasi Indonesia

Adapun hadirnya koperasi di Indonesia berawal pada tanggal 16 Desember 1886. Saat itu, Patih R.Aria Wiria Atmaja seorang Pamong Praja di Purwokerto mendirikan Hulp en Spaarbank, sebuah organisasi yang bertujuan untuk menolong para pegawai yang kian menderita akibat meminjam uang, namun dibebankan bunga yang sangat tinggi.

Upaya tersebut didukung penuh oleh kalangan pejabat pemerintahan kolonial. Sejak saat itulah, koperasi mulai aktif dioperasikan dan menjadi bagian dari pelaksanaan politik etis.

Setelah 22 tahun berjalan, tepatnya pada tahun 1908, perkembangan koperasi sebagai gerakan rakyat mulai muncul. Gerakan tersebut dimotori oleh Boedi Oetomo dan ditandai dengan pendirian koperasi rumah tangga.

Pada tahun 1913, kehidupan berkoperasi di kalangan pedagang dan pengusaha tekstil bumi putra dibangkitkan oleh Syarikat Dagang Islam.

Sementara itu, pada tahun 1927 kelompok Studie Club (Persatuan Bangsa Indonesia) memelopori kegiatan gerakan koperasi sebagai wahana pendidikan ekonomi dan nasionalisme kebangsaan.

Berbagai gerakan koperasi yang terpencar itu akhirnya berhasil dipersatukan setelah Indonesia merdeka. Tepatnya pada tanggal 12 Juli 1947, gerakan koperasi menggelar Kongres Koperasi Indonesia pertama di Tasikmalaya.

Tanggal pelaksanaan kongres pertama itulah yang kemudian ditetapkan sebagai tanggal peringatan Hari Koperasi Indonesia sampai sekarang.

Tema Hari Koperasi Indonesia 2023

Adapun pada tahun 2023 ini, tema Hari Koperasi Indonesia yang ke-76 mengusung tema ‘Membangun Koperasi Berbasis Kearifan Lokal Menuju Ekonomi Gotong Royong yang Mandiri, Modern, dan Berdigital’.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Hari Perhubungan Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Setiap tanggal 17 September, Indonesia memperingati Hari Perhubungan Nasional atau yang biasa disebut Harhubnas. Peringatan ini merupakan momentum penting bagi kita untuk merefleksikan dan mengapresiasi peran vital sektor perhubungan dalam mendukung pembangunan nasional.

Hari Palang Merah Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Hari Palang Merah Nasional diperingati setiap tanggal 17 September, yang pertama kali diresmikan dan diketahui oleh Drs. Mohammad Hatta pada tahun 1945.

Hari Ozon Internasional, 16 September : Simak Tema dan Sejarahnya

Hari Ozon Internasional diperingati pada 16 September di setiap tahunnya, dimana hari besar tersebut diperingati bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia agar lebih mengenal mengenai ozon bumi itu sendiri.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru